WIJI ASTUTI, NUR (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA THE OCTOPUS TENTACLES SUBTEMA INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NEGERIKU KELAS IV SD 1 UNDAAN TENGAH. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (824kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (160kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskrisikan peningkatkan hasil belajar siswa pada ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan setelah diterapkan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media The Octopus Tentacles pada tema 7 subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku kelas IV SD 1 Undaan Tengah. Hasil belajar merupakan sebuah pencapaian dalam kegiatan belajar yang dilalui siswa selama proses belajar mengajar berlangsung dan adanya perubahan tingkah laku siswa melalui kegiatan dalam proses belajar. Model pembelajaran Mind Mapping adalah sebuah pemetaan pikiran yang kreatif untuk mencatat informasi sehingga mudah untuk diingat dan diterima oleh otak. Media The Octopus Tetacles merupakan sebuah peta konsep yang inovatif yang berupa bentuk gurita dengan tentakel-tentakelnya yang membantu siswa untuk meningkatka hasil belajar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media The Octopus Tentacles pada tema 7 subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku siswa kelas IV SD 1 Undaan Tengah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Undaan Tengah dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertamuan. Tahapan penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian model Mind Mapping, sedangkan variabel terikatnya hasil belajar. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media The Octopus Tentacles dapat meningkatkan sebagai berikut. (1) hasil belajar siswa ranah sikap, dari siklus I sebesar 79% dengan kriteria baik meningkat sebesar 87% dengan kriteria sangat baik pada siklus II; (2) hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, pada prasiklus memperoleh 47% menjadi 63% pada siklus I, meningkat pada siklus II sebesar 84%; (3) hasil belajar siswa ranah keterampian, dari siklus I sebesar 79% dengan kriteria baik menigkat sebesar 86% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media The Octopus Tentacles mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan pada siswa kelas IV SD 1 Undaan Tengah. Peneliti menyarankan, guru hendaknya menggunakan model dan media pembelajaran yang inovatif salah satunya dengan model pembelajaranMind Mappingdan media The Octopus Tentacles
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Mind Mapping, Media The Octopus Tentacles |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:12 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9380 |
Actions (login required)
View Item |