PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD 2 TENGGELES

LUTHFIANI, SIKKA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD 2 TENGGELES. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (416kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (137kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (343kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (165kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (121kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (120kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, akitivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Pictorial Riddle pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi kebebasan berorganisasi. Hipotesistindakan yang diajukanadalahketerampilan guru,aktivitasbelajarsiswadan hasil belajar PKn denganditerapkannya model pembelajaranExample Non Examplepadakelas V SD 2 Tenggeles Kudus dapatmeningkat.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Example Non Exampleberbantuan media Pictorial Riddle, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn materi kebebasan berorganisasi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran example non example berbantuan media pictorial riddle dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari rata-rata persentase 74,58% (baik)menjadi 88,75%(sangat baik). Aktivitas belajar siswa pada siklus I ke siklus II dari rata-rata persentase 71,77% (baik)meningkat menjadi 80,17%(sangat baik). Hasil belajar pada ranah kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 62,5% (cukup)menjadi 81,25%(sangat baik). Hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 69,37% (cukup)menjadi 76,71%(baik). Hasil belajar pada ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 67,02% (cukup)menjadi 77,18%(baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran example non example berbantuan media pictorial riddle dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pelajaran PKn materi kebebasan organisasi kelas V SD 2 Tenggeles.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Santoso, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Example Non Example, Pictorial Riddle, Hasil Belajar, PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 02:54
Last Modified: 04 Jan 2019 02:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9389

Actions (login required)

View Item View Item