PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBANTUAN MEDIA VIDEOSCRIBE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NEGERIKU KELAS IV SD 2 GETAS PEJATEN KUDUS

IQBAL FATONI, MUHAMMAD (2018) PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBANTUAN MEDIA VIDEOSCRIBE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NEGERIKU KELAS IV SD 2 GETAS PEJATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (813kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (237kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (377kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (570kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (279kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (192kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Inkuiri berbantuan media Videoscribe untuk peningkatan hasil belajar tema 7 subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku kelas IV SD 2 Getas Pejaten Kudus. Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar. Model Inkuiri merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa untuk menyelidiki suatu masalah secara lebih sistematis, kritis, dan logis serta dianalisis dengan baik. Media Videoscribe merupakan penggabungan antara suara, gambar, ilustrasi, simbol-simbol, dan bagan yang digunakan untuk menjelaskan suatu materi pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Inkuiri berbantuan media Videoscribe dapat meningkatkan hasil belajar tema 7 subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku kelas IV SD 2 Getas Pejaten Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Getas Pejaten dengan subjek penelitian 26 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 3 pertemuan. Tahapan pada penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Inkuiri dan media Videoscribe, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif dari siklus I sebesar 69,23% menjadi 88,46% pada siklus II. Hasil belajar ranah afektif meningkat dari siklus I sebesar 68,08% dengan kriteria baik menjadi 74,10% dengan kriteria baik pada siklus II. Hasil belajar ranah psikomotorik meningkat dari siklus I sebesar 70,06% dengan kriteria baik menjadi 75,13% dengan krieria baik pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 70% dengan kriteria baik menjadi 76% dengan kriteria baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Getas Pejaten dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri berbantuan media Videoscribe dapat meningkatkan hasil belajar tema 7 subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku kelas IV SD 2 Getas Pejaten Kudus. Peneliti menyarankan agar dalam menerapkan model Inkuri guru harus memberikan bimbingan pada semua kelompok dan menggunakan media yang menarik dan sesuai dengan materi agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri, Media Videoscribe, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 02:54
Last Modified: 04 Jan 2019 02:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9391

Actions (login required)

View Item View Item