PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD 2 RENDENG KUDUS

ADI SUSILO, TAUFAN (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD 2 RENDENG KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HAL DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan guru mengelola kelas, dan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning pada mata pelajaran PKn. Model Problem Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk berpikir secara luas dalam menyelesaikan masalah melalui proses kerja kelompok sehingga siswa dapat memberdayakan, mengasah dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan. Hasil belajar adalah perolehan proses belajar yang berupa pengetahuan, sikap dan keterampilan (kognitif, afektif, psikomotorik). Hipotesis tindakan yang diajukan adalah melalui penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD 2 Rendeng Kecamatan Kota Kudus . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 2 Rendeng Kecamatan Kota Kudus. Subjek penelitian terdiri dari guru dan 25 siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilakukan analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model Problem Based Learning pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator keberhasilan (1) keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai 83 dengan kualifikasi baik dan siklus II memperoleh nilai 90 dengan kualifikasi sangat baik, (2) hasil belajar ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 68% dan siklus II sebesar 88%, nilai rata-rata hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 71,64 dan siklus II sebesar 83,8, nilai rata-rata hasil belajar ranah psikomotorik siklus I sebesar 69,46 dan siklus II sebesar 84,88. Simpulan penelitian penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD 2 Rendeng Kecamatan Kota Kudus. Saran dalam penelitian ini yakni siswa hendaknya berlatih berani menyampaikan tanggapan terkait materi yang disampaikan maupun bertanya tentang materi yang belum dipahami, guru hendaknya menerapkan model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan hasil belajar dalam memecahkan masalah serta mendorong pelaksanaan pembelajaran yang inovatif pada mata pelajaran PKn.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil belajar PKn, Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 02:54
Last Modified: 04 Jan 2019 02:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9392

Actions (login required)

View Item View Item