PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE KUBUS DAN BALOK UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI PANGGUNG JEPARA

MAWADDAH, LAYUNA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE KUBUS DAN BALOK UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI PANGGUNG JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (330kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (339kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (579kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (342kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (291kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengajar dan menentukan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran problem solving dengan menggunakan media puzzle kubus dan balok, dan penerapan model pembelajaran problem solving menggunakan media puzzle kubus dan balok dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Problem Solving merupakan kegiatan belajar mengajar untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Media puzzle kubus dan balok adalah media yang berbentuk kubus dan balok yang dapat dibongkar pasang. Pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep dan menjelaskan kembali informasi yang telah diterima. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Panggung dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Problem Solving dan media puzzle kubus dan balok. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Matematika melalui model pembelajaran Problem Solving bebantuan media Puzzle kubus dan balok meningkat setiap siklusnya. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase 77.34% (baik), pada siklus II meningkat menjadi 80.24% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 75.54% (baik), pada siklus II meningkat menjadi 77.61% (baik). Persentase ketuntasan hasil pemahaman konsep matematika pada prasiklus yaitu 28.23% (rendah), setelah dilakukan penelitian siklus I meningkat menjadi 66.67% (tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi 76.19% (tinggi). Penerapan model pembelajaran Problem Solving berbantuan media Puzzle kubus dan balok dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil pemahaman konsep matematika siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDN Panggung. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan penggunaan media pada materi matematika.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Media Puzzle Kubus dan Balok, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 02:53
Last Modified: 04 Jan 2019 02:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9393

Actions (login required)

View Item View Item