PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DENGAN PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SISWA KELAS V SDN 1 TANJUNGREJO

Bekti Rahayu, Titis (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DENGAN PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SISWA KELAS V SDN 1 TANJUNGREJO. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (442kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (253kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (415kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (534kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (273kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (290kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (23MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dan menemukan peningkatan hasil belajar pada tema lingkungan sahabat kita muatan pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia kelas V SDN 1 Tanjungrejo. Hasil belajar ialah apa yang diperoleh siswa setelah dilakukan aktivitas belajar seseorang yang mengalami terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat diamati dan diukur bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Think Pair Shareadalah suatu model pembelajaran kooperatif yang memberi siswa waktu untuk berpikir dan merespons serta saling bantu satu sama lain. Video pembelajaran adalah suatu media yang menggambarkan objek disertai suara di dalamnya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model Think Pair Share berbantuan video pembelajaran pada tema lingkungan sahabat kita siswa kelas V SDN 1 Tanjungrejo. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Tanjungrejo dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini berlangsung selama II Siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Think Pair Share dan Media Video Pembelajaran. Variabel terikat adalah Hasil Belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar yang memiliki tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aspek kognitif pada muatan pelajaran IPS siklus I memperoleh 61% (tinggi) siklus II memperoleh 82% (sangat tinggi), muatan pelajaran Bahasa Indonesia siklus I memperoleh 71% (tinggi) siklus II memperoleh 89% (sangat tinggi). Aspek afektif siklus I memperoleh 72,7% (baik) dan siklus II memperoleh 82,4% (sangat baik). Aspek psikomotorik siklus I memperoleh 70,6% (baik) siklus II memperoleh 85,8% (sangat baik). Peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh 74% (baik), siklus II memperoleh 82% (sangat baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Think Pair Share berbantuan media video pembelajaran meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tema lingkungan sahabat kita siswa kelas V SDN 1 Tanjungrejo

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share (TPS), Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Lingkungan Sahabat Kita
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 02:53
Last Modified: 04 Jan 2019 02:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9395

Actions (login required)

View Item View Item