PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN PERMAINAN PAPA SAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS IV TEMA 7 DI SD 2 PANJUNAN

SINTIA, RIANA (2018) PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN PERMAINAN PAPA SAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS IV TEMA 7 DI SD 2 PANJUNAN. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (718kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (453kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (701kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (572kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (479kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (286kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (417kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (20MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan keterampilan proses sains siswa dan peningkatan keterampilan mengajar guru melalui penerapan model Direct Instruction berbantuan permainan papa saya pada siswa kelas IV SD 2 Panjunan. Model pembelajaran Direct Instruction adalah model pembelajaran yang mengajak siswa untuk melakukan pembelajaran secara langsung dan selangkah demi selangkah. Model Direct Instruction terdiri atas fase orientasi, demonstrasi, umpan balik, latihan terbimbing, latihan mandiri, dan mengkomunikasikan. Papa saya didefinisikan sebagai papan putar soal gaya, yang berisi kartu soal, kartu informasi, kartu hukuman, dan reward. Keterampilan proses sains merupakan pengajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berproses ilmiah dengan tujuan mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa untuk menemukan dan mengemukakan sendiri fakta, konsep, serta teori dalam diri siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Direct Instruction berbantuan permainan papa saya pada siswa kelas IV Tema 7 di SD 2 Panjunan dan keterampilan mengajar guru meningkat dalam penerapan model Direct Instruction berbantuan permaianan papa saya untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas IV tema 7 di SD 2 Panjunan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Panjunan dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian ini direncanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model Direct Instruction dan perminan papa saya, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan proses sains. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kauntitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan proses sains yang cukup signifikan antara siklus I (68,74%) dengan kategori baik, dan siklus II (80,96%) dengan kategori baik. Pengelolaan pembelajaran model Direct Instuction juga mengalami peningkatan pada siklus I 82,00% (sangat baik) menjadi 92,24% (sangat baik) pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Direct Instruction berbantuan permainan papa saya dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas IV di SD 2 Panjunan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Panjunan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Direct Instruction dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas IV tema 7 di SD 2 Panjunan. Untuk itu disarankan dalam penerapan model Direct Instruction, guru harus mengajak siswa untuk belajar secara langsung tahap demi tahap atau selangkah demi selangkah agar siswa dapat mengembangkan keterampilan proses sainsnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Fina Fakhriyah. S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Direct Instruction, Papa Saya, KPS, Tema 7
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 02:52
Last Modified: 04 Jan 2019 02:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9399

Actions (login required)

View Item View Item