PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING BERBANTU PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMADAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPS DAN BAHASA INDONESIAKELAS IV SD N 02 PESAGI

JANNAH, ASFIYATUL (2018) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING BERBANTU PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMADAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPS DAN BAHASA INDONESIAKELAS IV SD N 02 PESAGI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (247kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (387kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (485kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (249kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (149kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (221kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching Learning berbantu permainan ular tangga pada Tema daerah Tempat Tinggalku Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD N 02 Pesagi dengan subjek penelitian guru dan 26 siswa yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap satu siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Pembelajaran Contextual Teaching Learning dan permainan ular tangga, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku muatan IPS dan Bahasa Indonesia dan keterampilan mengajar guru.Metode pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan, pada keterampilan guru pengelolaan pembelajaran model Contextual Teaching Leraning siklus I 74,16% (baik) menjadi 88,75% (sangat baik) siklus II. Ketuntasan belajar siswa aspek pengetahuan yang cukup signifikan muatan IPS antara siklus I 61,5% (cukup) dan siklus II 80,7% (baik), muatan Bahasa Indonesia antara siklus I 57,6% (cukup) dan siklus II 76,9% (baik), didukung dengan peningkatan keterampilan siswa muatan IPS pada siklus I 65,10% (baik) menjadi 82,45% (baik) siklus II, muatan Bahasa Indonesia pada siklus I 68,37% (baik) menjadi 81,86% (sangat baik) siklus II. Penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning berbantu permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema daerah Tempat Tinggalku muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SDN 02 Pesagi. Disarankan guru menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching Learning berbantu permainan ular tangga, sehingga prose pembelajaran menjadi lebih baik dan menarik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching Learning, Permainan ular tangga, Hasil Belajar, Tema Daerah Tempat Tinggalku
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 02:50
Last Modified: 04 Jan 2019 02:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9402

Actions (login required)

View Item View Item