PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL EXAMPLE NON- EXAMPLE KELAS IV SDN 02 HONGGOSOCO JEKULO KUDUS

ALI MURFI, ARIS (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL EXAMPLE NON- EXAMPLE KELAS IV SDN 02 HONGGOSOCO JEKULO KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (728kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar kelas IV pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknoogi produksi, komunikasi dan transportasi dan mendeskripsikan penerapan model Example Non-Example pada siswa SD 2 Honggosoco Jekulo Kudus. Hasil belajar IPS merupakan hasil atau penilaian yang diterima oleh siswa dari proses pembelajaran IPS yang telah berlangsung dan diterima pada saat proses pembelajaran selesai dengan materi perkembangan teknologi produksi, komnikasi dan transportasi bagi siswa kelas IV SD 2 Honggosoco Jekulo Kudus. Example Non Example merupakan model yang menggunakan media gambar dalam penyampaian materi pembelajaran yang bertujuan mendorong siswa untuk berpikir kritis dengan jalan untuk memecahkan permasalahan yang tergandung dalam contoh- contoh gambar, yang terdiri dari tahap 1 : mempersiapkan gambar, tahap 2: menempel gambar, tahap 3: menganalisis gambar, tahap 4: diskusi kelompok, tahap 5: presentasi, tahap 6: penjelasan mataeri, tahap 7 kesimpulan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 2 Honggosoco Jekulo Kudus dengan subjek penelitian guru dan 32 siswa.Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Example Non Example. Sedangkan variabel terikat adalah pembelajaran yang terdiri dari keterampilan guru mengajar dan hasil belajar meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus 1 memperoleh nilai 2,56 dengan kualifikasi baik dan siklus 2 memperoleh nilai 3,35 dengan kualifikasi sangat baik, nilai hasil belajar ranah kognitif siklus 1 memperoleh ketuntasan klasikal 72% dan siklus 2 sebesar 87,5%, nilai persentase klasikal hasil belajar ranah afektif siklus 1 persentase sebesar 61,59 dan siklus 2 sebesar 76,95 , nilai persentase klasikal hasil belajar ranah psikomotorik siklus 1 sebesar 63,12 dan siklus 2 sebesar 77,96. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD 2 Honggosoco Jekulo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Honggosoco Jekulo Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Honggosoco Jekulo Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Example Non Example, siswa hendaknya lebih berpartisipasi aktif dan memusatkan perhatian selama kegiatan pembelajaran di kelas. Bagi guru hendaknya menggunakan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik siswa dan dapat merangsang siswa agar mau belajar.Bagi sekolah hendaknya memberikan himbauan dan dukungan terhadap guru agar menggunakan pembelajaran yang lebih inovatif dan menempatkan siswa sebagai subjek dalam kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti se lanjutnya diharapkan dapat lebih memahami langkah-langkah model Example Non Example, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi, Model Example Non-Example
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 02:50
Last Modified: 04 Jan 2019 02:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9403

Actions (login required)

View Item View Item