PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD 1 BAKALAN KRAPYAK KUDUS MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN

ROUFAH, SITI (2018) PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD 1 BAKALAN KRAPYAK KUDUS MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (754kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (168kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (379kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (319kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (165kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (108kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (115kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (20MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model role playing berbantuan media blok pecahan untuk meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD 1 Bakalan Krapyak Kudus materi pecahan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dan keterampilan guru setelah diterapkannya model role playing berbantuan media blok pecahan. Pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan siswa dalam mencari jalan keluar atau ide berkenaan dengan tujuan yang ingin dicapai serta dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Role playing merupakan model pembelajaran dengan cara pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa agar dapat menguasai bahan-bahan pelajaran yang diajarkan. Media blok pecahan merupakan media yang digunakan untuk menjelaskan konsep materi pecahan yang terdiri dari lingkaran utuh dan juring-juring. Pecahan dapat diartikan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatatan pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi pecahan melalui penerapan model role playing berbantuan media blok pecahan kelas V di SD 1 Bakalan Krapyak Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Bakalan Krapyak Kudus dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran role playing berbantuan media blok pecahan. Sedangkan variabel terikat adalah pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing berbantuan media blok pecahan pada materi pecahan dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siklus I sebesar 74 dan siklus II sebesar 83,4. Sedangkan rata-rata nilai keterampilan pemecahan masalah siklus I sebesar 71,4% dan siklus II sebesar 77,5%. Sedangkan persentase ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I (63,6%) dan meningkat pada siklus II (81,8%). Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I (74%) dan meningkat pada siklus II (83%). Sedangkan persentase keterampilan mengajar guru pada siklus I (72%) dan meningkat pada siklus II (86%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing berbantuan media blok pecahan dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas V SD 1 Bakalan Krapyak Kudus. Sedangkan saran yang dapat peneliti berikan yaitu model pembelajaran role playing berbantuan media blok pecahan dapat diterapkan pada materi berbeda.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah, Pecahan, Role Playing, Blok Pecahan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 02:45
Last Modified: 04 Jan 2019 02:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9404

Actions (login required)

View Item View Item