PENERAPAN MODEL PROBLEM¬-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUANMODUL KEUNGGULAN LOKAL KUDUS UNTUK PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IVSD N 1 WONOSOCO

EKA YUNIARTI, LENI (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM¬-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUANMODUL KEUNGGULAN LOKAL KUDUS UNTUK PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IVSD N 1 WONOSOCO. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (442kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (231kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (419kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (516kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (225kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (118kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (254kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangya aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran, rendahnya kemampuan pemecahan masalah Matematis siswa, dan kurangya keterampilan mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikankemampuan pemecahan masalah Matematis, peningkatan aktivitas siswa, dan peningkatan keterampilan mengajar guru melalui penerapan model Problem-Based Learning berbantuan modul keunggulan lokal Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan diSDN 1 Wonosoco dengan subjek penelitian 21 siswa kelas IV. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Problem-Based Learning berbantuan modul keunggulan lokal Kudus. Sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah Matematis, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah dengan persentase ketuntasan klasikal siklus I 69,75% (tinggi) menjadi 75,50% (sangat tinggi) pada siklus II, (2) persentase keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dengan persentase 67,13% (tinggi) pada siklus I dan menjadi 77,60% (sangat tinggi) pada siklus II, (3) aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 58,87% (sedang) pada siklus I menjadi 79,46% (sangat tinggi) pada siklis II .Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah Matematis, keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswadengan diterapkannya model pembelajaran PBL berbantuan modul keunggulan lokal Kudus pada siswa kelas IV SDN Wonosoco tahun pelajaran 2018/2019. Memberi saran agar para guru mampu menyelesaikan suatu masalah pembelajaran dengan semangat dan antusias dalam mengikuti pelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Himmatul Ulya S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Modul Keunggulan Lokal Kudus, Problem-Based Leaning
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 02:45
Last Modified: 04 Jan 2019 02:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9405

Actions (login required)

View Item View Item