PENERAPAN MODEL PROBLEMĀ¬-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUANMODUL KEUNGGULAN LOKAL KUDUS UNTUK PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IVSD N 1 WONOSOCO

EKA YUNIARTI, LENI (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEMĀ¬-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUANMODUL KEUNGGULAN LOKAL KUDUS UNTUK PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IVSD N 1 WONOSOCO. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of bab  6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangya aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran, rendahnya kemampuan pemecahan masalah Matematis siswa, dan kurangya keterampilan mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikankemampuan pemecahan masalah Matematis, peningkatan aktivitas siswa, dan peningkatan keterampilan mengajar guru melalui penerapan model Problem-Based Learning berbantuan modul keunggulan lokal Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan diSDN 1 Wonosoco dengan subjek penelitian 21 siswa kelas IV. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Problem-Based Learning berbantuan modul keunggulan lokal Kudus. Sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah Matematis, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah dengan persentase ketuntasan klasikal siklus I 69,75% (tinggi) menjadi 75,50% (sangat tinggi) pada siklus II, (2) persentase keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dengan persentase 67,13% (tinggi) pada siklus I dan menjadi 77,60% (sangat tinggi) pada siklus II, (3) aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 58,87% (sedang) pada siklus I menjadi 79,46% (sangat tinggi) pada siklis II .Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah Matematis, keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswadengan diterapkannya model pembelajaran PBL berbantuan modul keunggulan lokal Kudus pada siswa kelas IV SDN Wonosoco tahun pelajaran 2018/2019. Memberi saran agar para guru mampu menyelesaikan suatu masalah pembelajaran dengan semangat dan antusias dalam mengikuti pelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Himmatul Ulya S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Modul Keunggulan Lokal Kudus, Problem-Based Leaning
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 02:45
Last Modified: 04 Jan 2019 02:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9405

Actions (login required)

View Item View Item