MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV SDN 2 KEDUNG SARI KUDUS

TRI MULYANTO, ANDY (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV SDN 2 KEDUNG SARI KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
Judul.pdf - Accepted Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DaftarPustaka.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, tranportasi dengan cara meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembalajaran problem based learning. Model pembelajaran problem based learning merupakan model pembelajaran dimana siswa disajikan topik masalah kemudian menganalisis topik masalah tersebut untuk dicari solusi penyelesaiannya. Pemilihan model pembelajaran problem based learning dirasa tepat karena proses pembelajaran lebih menyenangkan sehingga dapat membuat pembelajaran lebih bermakna dimata siswa dan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD Negeri02 Kedung Sari Kudus dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebasadalah model pembelajaran problem based learning. Sedangkanvariabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran IPS melalui model pembelajaran problem based learningmeningkat setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru siklus I 70,50% (baik), kemudian meningkat pada siklus II 79,50% (baik). Persentase aktivitas belajar siswa siklus I 71,99%(baik), kemudian meningkat pada siklus II 81,06%(baik). Persentase pada ranah kognitif siklus I 68,75% (baik), kemudian meningkat pada siklus II 87,50(sangat baik). Sedangkan persentase hasil belajar ranah afektif pada siklus I 68,12% (baik), meningkat pada siklus II 78,27% dengan kategori baik dengan rata-rata pada siklus I dan siklus II mencapai 73,19%(baik). Untuk persentase ranah psikomotorik pada siklus I 72,19% (baik), meningkat pada siklus II 86,92% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 2 Kedungsari Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning, terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi. Model pembelajaran problem based learning terbukti meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa serta membuat pembelajaran lebih menyenangkan, menarik, dan siswa lebih aktif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Deka Setiawan,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil belajar, IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:39
Last Modified: 04 Jan 2019 01:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9414

Actions (login required)

View Item View Item