EVY KHOLISAH, HILDA (2018) PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TEMA KAYANYA NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV SD 3 TENGGELES. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (885kB) | Preview |
PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (236kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengajar tema kayanya negeriku menggunakan model mind mapping pada siswa kelas IV SD 3 Tenggeles, (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 3 Tenggeles dalam pembelajaran tema kayanya negeriku menggunakan model mind mapping, dan (3) Mendeskripsikan penggunaan model mind mapping dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SD 3 Tenggeles pada muatan PPKn dan Bahasa Indonesia. Pemahaman konsep merupakan (1) Kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep, (2) Mengklasifikasikan objek-objek sesuai dengan konsepnya, (3) Memberikan contoh dan bukan contoh suatu konsep, (4) Menyajikan konsep dengan caranya sendiri, (5) Mengembangkan syarat perlu atau cukup suatu konsep, (6) Menggunakan, memanfaatkan, dan memilih konsep, dan (7) Mengaplikasikan suatu konsep untuk memecahkan masalah. Mind mapping merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk melatih kemampuan siswa dalam hal menyajikan materi berupa pemetaan pikiran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Tenggeles dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model mind mapping, sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan terhadap nilai pemahaman konsep siswa yaitu dari siklus I muatan PPKn ketuntasan klasikal sebesar 66,67% (cukup) dan muatan Bahasa Indonesia ketuntasan klasikal sebesar 57,14%(kurang) mengalami peningkatan di siklus II muatan PPKn ketuntasan klasikal sebesar 85,71%(sangat baik) dan muatan Bahasa Indonesia ketuntasan klasikal sebesar 76,19% (baik). Peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 50,77% (kurang) meningkat pada siklus II sebesar 75,16% (baik). Pengelolaan pembelajaran model mind mapping juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 75% (baik) meningkat pada siklus II sebesar 84,37% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 3 Tenggeles dapat disimpulkan bahwa penggunaan model mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep pada muatan PPKn dan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD 3 Tenggeles.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Mind Mapping, Pemahaman Konsep, Kayanya Negeriku |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:38 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:38 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9415 |
Actions (login required)
View Item |