PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI MODEL TREFFINGER BERBANTU PERMAINAN BUJUR SANGKAR AJAIB PADA SISWA KELAS V

PRABANINGRUM, EKA (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI MODEL TREFFINGER BERBANTU PERMAINAN BUJUR SANGKAR AJAIB PADA SISWA KELAS V. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (419kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (298kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (484kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (40kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (131kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis, keterampilan guru mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa materi bilangan bulat melalui penerapan model Treffinger berbantu permainan bujur sangkar ajaib pada siswa kelas V SDN Langenharjo 01. Berpikir kreatif adalah kemampuan menyelesaikan masalah dengan berbagai kemungkinan atau cara yang tepat dan benar serta mengemukakan gagasan yang baru meliputi aspek kelancaran, keluwesan, kebaruan, dan elaborasi. Proses pembelajaran ini dilakukan dengan menerapkan model Treffinger berbantu permainan bujur sangkar ajaib pada materi sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat, pembulatan, dan penaksiran. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah model Treffinger berbantu permainan bujur sangkar ajaib dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, keterampilan guru mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Langenharjo 01. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN Langenharjo 01 dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Treffinger berbantu permainan bujur sangkar ajaib. Sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika pada siklus I dan siklus II, yaitu dari 73,45 (kreatif) menjadi 83,19 (kreatif) dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 60% naik menjadi 79,2% pada siklus II. Hal ini diikuti dengan peningkatan aktivitas belajar siswa yang naik dari siklus I memperoleh persentase 60,5% (tinggi) menjadi 76,5% (tinggi) pada siklus II. Serta terjadi peningkatan juga terhadap keterampilan pengelolaan pembelajaran guru dalam pembelajaran matematika yaitu pada siklus I memperoleh persentase sebesar 73% (baik) dan disiklus II naik menjadi 84% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas V SDN Langenharjo 01 dapat disimpulkan bahwa penerapan model Treffinger berbantu permainan bujur sangkar ajaib dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa materi bilangan bulat, keterampilan pengelolaan pembelajaran guru, serta aktivitas belajar siswa. Saran dalam penelitian ini yaitu guru hendaknya menerapkan model pembelajaran Treffinger dan menggunakan media yang lebih inovatif, selain itu peneliti lain dapat melakukan penelitian lanjutan terkait penerapan dan pengembangan model Treffinger pada mata pelajaran dan jenjang kelas lain guna meningkatkan mutu pembelajaran serta kemampuan berpikir kreatif siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Eka Zuliana, S. Pd., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Treffinger, Bujur Sangkar Ajaib
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:38
Last Modified: 04 Jan 2019 01:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9418

Actions (login required)

View Item View Item