PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD IT AMAL INSANI JEPARA

FIKRIANSA, FIKRIANSA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD IT AMAL INSANI JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (228kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (410kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (574kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (234kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (138kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (273kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD IT Amal Insani Jepara. Model Quantum Teaching merupakan model yang dapat menjadikan proses pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keingintahuannya melalui suatu percobaan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa yang dilihat dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD IT Amal Insani. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD IT Amal Insani dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Quantum Teaching, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran yang mulanya pada prasiklus diperoleh persentase 58,3%, mengalami peningkatan pada siklus I 74,2% dan siklus II 83%. Sedangkan hasil belajar siswa aspek kognitif pada prasiklus diperoleh persentase klasikal 34,49%, siklus I 55,2%, dan siklus II 82,8%. Hasil belajar aspek afektif pada siklus I diperoleh persentase klasikal 65,2%, dan siklus II 78,1%. Sedangkan hasil belajar aspek psikomotorik pada siklus I diperoleh persentase klasikal 67,8%, dan siklus II 78,6%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD IT Amal Insani Jepara dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD IT Amal Insani Jepara. Disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching guru dapat memahami karakteristik siswa agar dalam menjalankan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tersebut semua siswa dapat aktif dan merasa termotivasi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Hasil Belajar IPA, Materi Sifat-sifat Cahaya.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:38
Last Modified: 04 Jan 2019 01:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9420

Actions (login required)

View Item View Item