PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU MEDIA PUZZLE PECAHAN SISWA KELAS IV SD N 1 BUWARAN

ARIFATUN NIKMAH, AYU (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU MEDIA PUZZLE PECAHAN SISWA KELAS IV SD N 1 BUWARAN. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (574kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (404kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (581kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (626kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (296kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (213kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (212kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model STAD berbantu media puzzle pecahan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis materi pecahan pada siswa kelas IV SD N 1 Buwaran; (2) Meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model STAD berbantu media puzzle pecahan siswa kelas IV SD N 1 Buwaran; (3) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SD N 1 Buwaran materi pecahan melalui penerapan model STAD berbantu media puzzle pecahan. STAD merupakan model pembelajaran yang menekankan adanya aktivitas dan interaksi diantara siswa dan saling membantu dalam memahami materi. Model STAD mempunyai 4 fase yaitu (1) Presetasi kelas; (2) Pembagian kelompok atau bekerja kelompok; (3) Pembagian Skor; dan (4) Penghargaan kelompok. Puzzle pecahan merupakan suatu media teka-teki, yang dapat merangsang kemampuan otak anak, karena puzzle memainkannya dengan cara membongkar dan memasang kembali gambar atau benda menjadi benda utuh kembali, guna memudahkan anak dalam memahami materi pecahan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang akan dilaksanakan di kelas IV SD N 1 Buwaran dengan subjek penelitian guru dan 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan model STAD berbantu media puzzle pecahan. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yakni kemampuan pemahaman konsep matematis materi pecahan, keterampilan mengajar guru dan aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran matematika melalui model STAD berbantu media puzzle pecahan meningkat setiap siklusnya. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase 83,4% (baik), pada sklus II meningkat menjadi 85% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 67,2% (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 75% (baik). Persentase keuntasan hasil pemahaman konsep matematis pada prasiklus yaitu 25% (rendah), setelah dilakukan penelitian siklus I meningkat menjadi 45% (tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi 80% (tinggi). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SD N 1 Buwaran dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD berbantu media puzzle pecahan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan dalam memilih media pembelajaran hendaknya sesuai dengan materi khususnya pada mata pelajaran matematika.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Henry Suryo Bintoro, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Student Team Achievement Division, Media Puzzle pecahan.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:37
Last Modified: 04 Jan 2019 01:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9422

Actions (login required)

View Item View Item