PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA PUZZEL UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD 2 PANJUNAN KUDUS

IKA ALFIANI, AULIA (2018) PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA PUZZEL UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD 2 PANJUNAN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (47kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (265kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (504kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (519kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (295kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (92kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPS ranah kognitif, afektif, psikomotor dan keterampilan mengajar guru pada materi Sejarah Uang dengan diterapkannya model Group Investigation pada siswa kelas III SD 2 Panjunan. Hasil belajar merupakan proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Model pembelajaran group inestigation merupakan model pembelajaran yang memadukan prinsip belajar demokratis, selain menggunakan model pembelajaran juga menggunakan media puzzle, dengan menggunakan media ini siswa lebih kreatif dan daya ingat siswa lebih meningkat. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas III SD 2 Panjunan dengan subjek penelitian 32 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Group Investigation. Sedangkan variable terikat adalah hasil belajar IPS pada materi sejarah uang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini berupa lembar pedoman wawancara, lembar pengamatan afektif dan psikomotor, tes dan uraian. Analisis yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yaitu keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I 63.23% (tinggi), siklus II 83% (sangat tinggi) dan hasil belajar IPS pada materi sejarah uang pada ranah kognitif prasiklus (37.5%), siklus I (59.3%), siklus II menjadi (78.12%) serta hasil belajar ranah afektif siklus I 64,53% (baik), siklus II menjadi 78,27% (baik), hasil belajar ranah psikomotorik siklus I 56% (cukup) menjadi 74% (baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas III SD 2 Panjunan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Group Investigation dengan berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi sejarah uang kelas III SD 2 Panjunan. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model Group Investigation, siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran,guru hendaknya menggunakan model Group Investigation pada pembelajaran IPS dan menggunakan model pembelajaran lain yang lebih kreatif, sekolah dapat meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran yang baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Media Puzzel, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:37
Last Modified: 04 Jan 2019 01:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9423

Actions (login required)

View Item View Item