PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS KEARIFAN LOKALKUDUS PADA KELAS IV TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI SEKOLAH DASAR

KHUSNA FAELA SHUFA, NAELA (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS KEARIFAN LOKALKUDUS PADA KELAS IV TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI SEKOLAH DASAR. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (629kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (330kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (754kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (714kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (282kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (464kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (282kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (412kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (25MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan model pembelajaran CTL berbasis kearifan lokal untuk kelas IV sekolah dasar, tema 8 daerah tempat tinggalku dan menguji model yang dikembangkan apakah lebih efektif dibandingkan model yang selama ini diterapkan guru dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Borg & Gall. Pada penelitian ini dilakukan sampai pada langkah ketujuh yang dibagi menjadi 4 tahapan penelitian yaitu penelitian pendahuluan; perencanaan dan pengembangan model; validasi, revisi, dan evaluasi; dan implementasi model. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan pengamatan atau observasi, wawancara dan kuesioner dan juga tes. Berdasarkan pendekatan yang digunakan dan jenis data yang ingin diperoleh, maka penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil analisis kebutuhan yang diperoleh berdasarkan penelitan pendahuluan sangat diperlukan adanya pengembangan model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran dikelas 4, yaitu perlunya pengembangan model contextual teaching and learning berbasis kearifan lokal Kudus. 2. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah model Contextual Teaching and Learning berbasis kearifan local kudus.Model yang dikembangkan telah melewati uji validitas dari pakar maupun teman sejawat. Berdasarkan hasil validasi tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa hasil validasi baik model, perangkat pendukung model, maupun buku pedoman model sangat valid untuk selanjutnya diuji cobakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis kearifan lokal Kudus yang dikembangkan sangat valid dan sangat layak digunakan pada uji model. Dengan rata-rata skor hasil validasi mencapai 90% pada setiap aspek. 3. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Kearifan Lokal Kudus yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dapat diimplementasikan pada pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, sub tema 2 “Keunikan Daerah Tempat Tinggalku” yang dibuktikan dengan tingginya rata-rata ketuntasan belajar siswa, ketuntasan klasikal dan daya serap klasikal disetiap sekolah sangat tinggi dengan rata-rata hasil persentase skor mencapai 90% pada setiap pelajaran. Melalui pengembangan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis kearifan lokal diharapkan bermanfaat bagi guru untuk ikut serta merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah sebagaiupaya pengenalan kearifan lokal dan penanaman rasa cinta terhadap kearifan lokal dilingkungan sekitarnya. Disamping itu juga bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajar karena pembelajaran yang didapat lebih bermakna.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Contextual Teaching and Learning, Kearifan Lokal
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:37
Last Modified: 04 Jan 2019 01:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9425

Actions (login required)

View Item View Item