PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POS GAME TTS PADA SISWA KELAS V SD N 5 GONDANGMANIS KUDUS

PERMATA NINGRUM, WAHYU (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POS GAME TTS PADA SISWA KELAS V SD N 5 GONDANGMANIS KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (774kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (550kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (556kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (318kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (178kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (252kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD N 5 Gondangmanis dan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD N 5 Gondangmanis dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan POS Game TTS. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media POS Game TTS untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar yang meliputi 3 domain belajar yaitu: Cognitive Domain (Kawasan Kognitif), Affective Domain (Kawasan Afektif), Psychomotor Domain (Kawasan Psikomotor) siswa kelas V pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah penerapan model Numbered Head Together berbantuan POS Game TTS pada siswa kelas V SD 5 Gondangmanis dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa dan keterampilan mengajar guru IPS. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 5 Gondangmanis dengan subjek penelitian guru dan 16 siswa yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap satu siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together dan media POS Game TTS, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dan keterampilan mengajar guru. Metode pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan, pada keterampilan guru pengelolaan pembelajaran model Numbered Head Together mengalami siklus I 70,4% (baik) menjadi 90,5% (sangat baik) siklus II. Ketuntasan belajar IPS siswa pada materi proklamasi kemerdekaan yang cukup signifikan antara siklus I 68,75% (baik) dan siklus II 94% (sangat baik), didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar ranah afektif siswa pada siklus I 67% (baik) menjadi 86% (sangat baik) siklus II, ketuntasan belajar ranah psikomotorik siswa pada siklus I 70% (baik) menjadi 81% (sangat baik) siklus II. Penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media POS Game TTS dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan kelas V SD 5 Gondangmanis. Disarankan guru menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media POS Game TTS, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih baik dan menarik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Numbered Head Together, POS Game TTS, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:36
Last Modified: 04 Jan 2019 01:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9426

Actions (login required)

View Item View Item