“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 DATAR”

YULIFAH, AYU (2018) “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 DATAR”. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (565kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (217kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (378kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (478kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (229kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (121kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (196kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran NHT berbantu media Flashcard dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik siswa pada tema 7 kelas IV SDN 2 Datar Jepara. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Model pembelajaran NHT adalah pembelajaran berkelompok menggunakan nomor kepala, kemudian diberikan pertanyaan untuk didiskusikan. Media Flashcard merupakan media kartu yang memiliki gambar dan tulisan, Hipotesis tindakan ini adalah peningkatan keterampilan mengajar guru dengan diterapkannya model pembelajaran NHT berbantu media flashcard, dan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Datar dengan diterapkannya model pembelajaran NHT berbantu media flashcard. PTK ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Datar Jepara dengan subjek penelitian guru dan 38 siswa. Penelitian ini 2 siklus, setiap satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada penelitian ini variabel bebas adalah model NHT. sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Datar tema Indahnya Keragaman Negeriku muatan IPS dan PPKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru pada siklus I dengan persentase 69,66% kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan persentase 90% kategori sangat baik. Hasil belajar kognitif pada muatan IPSdengan ketuntasan klasikal 68% dan muatan PPKn 71% meningkat pada siklus II pada muatan IPS ketuntasan klasikal 89% pada muatan PPKn 95%, rata-rata dari kedua muatan ketuntasan klasikal 69% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 92%. Hasil belajar ranah sikap pada siklus I secara keseluruhan sudah baik, namun masih terdapat beberapa yang menunjukkan sikap negatif dan semakin membaik pada siklus II. Hasil belajar ranah psikomotorik siswa muatan IPS memperoleh rata-rata 74,87 dan muatan PPKn memperoleh 72,66 dan meningkat pada siklus II pada muatan IPS memperoleh rata-rata 89,71 dan muatan PPKn 87,83. Berdasarkan hasil PTK dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT dapat meningkatkan keterampilan guru serta meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 2 Datar. Adapun saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model NHT sebagai solusi meningkatkan hasil belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Flashcard, Hasil Belajar,IPS, PPKN
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:36
Last Modified: 04 Jan 2019 01:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9428

Actions (login required)

View Item View Item