YUNIARTO, IRFAN (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN ULAR TANGGA KARTU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD 2 TENGGELES. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (581kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (151kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (23MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan guru dan aktivitas siswa dengan menerapkan model Make A Matchberbantuan ular tangga kartu pada mata pelajaran PKn materi menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi. Model Make A Match merupakan pembelajaran yang di dalamnya terdapat unsur permainan dengan cara mencari pasangan kartu. Media ular tangga kartu merupakan media papan permainan dengan kotak-kotak kecil dan pada beberapa kotak terdapat ular atau tangga dengan kartu-kartu soal dan jawaban dengan menggunakan dadu untuk menentukan langkah yang harus dijalani. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa yang dilihat dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah hasil belajar PKn, keterampilan mengajar guru dan aktivitas siswa dengan diterapkannya model Make A Match berbantuan ular tangga kartu pada siswa kelas IV SD 2 Tenggeles dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 2 Tenggeles dengan subjek penelitian 20 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Make A Match berbantuan ular tangga kartu, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 78% (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 83% (Sangat Baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 69,05% (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 77,77% (Baik). Hasil belajar kognitif prasiklus persentase ketuntasan 50% dengan rata-rata kelas 69 meningkat pada siklus I sebesar 75% dengan rata-rata kelas 78 dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 85% dengan rata-rata kelas mencapai 80,5. Hasil belajar afektif siklus I memperoleh persentase 69,37% (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 78,43%. Hasil belajar psikomotor siklus I memperoleh persentase 68,74% dan meningkat pada siklus II menjadi 77,10%. Penggunaan model pembelajaran Make A Match berbantuan ular tangga kartu materi menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Make A Match, Ular Tangga Kartu, Hasil Belajar PKN |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:36 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9429 |
Actions (login required)
View Item |