PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU PADA SISWA KELAS IV SD 3 TENGGELES KABUPATEN KUDUS

Alfyatur Rohmania, Rina (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU PADA SISWA KELAS IV SD 3 TENGGELES KABUPATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (497kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (147kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (447kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (581kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (289kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (41kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (72kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (22MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SD 3 Tenggeles menggunakan model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC) dalam pembelajaran tema daerah tempat tinggalku muatan bahasa Indonesia dan IPS. Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition merupakan suatu model pembelajaran terpadu atau gabungan dari kegiatan membaca dan menulis secara berkelompok. Pada model ini, guru terlebih dahulu memberikan wacana atau kliping kepada siswa, siswa diminta membaca dan menemukan permasalahan, kemudian hasil diskusi dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Tenggeles dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah Cooperative Integrated, Reading, and Composition sedangkan variabel terikat adalah pembelajaran tema daerah tempat tinggalku. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, pedoman wawancara, soal evaluasi, dan panduan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada pembelajaran tema daerah tempat tinggalku yang cukup signifikan. Hal ini terbukti dengan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh rata-rata persentase klasikal sebesar 77% dan pada siklus II meningkat menjadi 84,5%. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh rata-rata persentase klasikal sebesar 74% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I muatan bahasa Indonesia mendapatkan persentase ketuntasan klasikal 67% sedangkan pada siklus II muatan bahasa Indonesia mendapatkan persentase ketuntasan klasikal 90% dan pada siklus I muatan IPS mendapatkan persentase ketuntasan klasikal 71% sedangkan pada siklus II muatan IPS mendapatkan persentase ketuntasan klasikal 86%. Hasil penilaian ranah psikomotorik siswa muatan bahasa Indonesia siklus I memperoleh rata-rata persentase klasikal 77% dan siklus II meningkat menjadi 88%. Hasil penilaian pada ranah psikomotorik siswa muatan IPS siklus I memperoleh rata-rata persentase klasikal sebesar 75% dan siklus II memperoleh rata-rata persentase klasikal sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 3 Tenggeles dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Integrated, Reading, and Composition dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tema daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IV SD 3 Tenggeles Kabupaten Kudus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated, Reading, and Composition, Daerah Tempat Tinggalku, Cerita Fiksi, Kegiatan Ekonomi, Jenis Pekerjaan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:36
Last Modified: 04 Jan 2019 01:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9431

Actions (login required)

View Item View Item