PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn BERBANTUAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV DI SD 3 MAYONG LOR

FARAH, NAILA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn BERBANTUAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV DI SD 3 MAYONG LOR. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (425kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (547kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (345kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (300kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (139kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match berbantuan media grafis pada mata pelajaran PKn materi organisasi pemerintahan tingkat pusat kelas IV SD 3 Mayong Lor. Model pembelajaran Make A Match merupakan model pembelajaran yang menekankan siswa untuk aktif dalam memilih jawaban dari kartu soal maupun kartu jawaban yang dipegangnya.Media grafis merupakan media yang menyajikan suatu ide atau gagasan yang dapat memperjelas dalam penyajian materi pelajaran. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku seseorang setelah mengalami proses pembelajaran yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah hasil belajar PKn, keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya model Make A Match pada kelas IV SD 3 Mayong Lor dapat meningkat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 3 Mayong Lor dengan subjek penelitian berjumlah 21 siswa yang berlangsung selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Make A Matchdan media grafis, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Make A Match bebantuan media grafis meningkat setiap siklusnya. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase 77,08% (baik), pada siklus II meningkat menjadi 85,00% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 69,79% (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 86,01% (sangat baik). Persentase ketuntasan hasil belajar pada prasiklus yaitu 61,90% (tinggi), setelah dilakukan penelitian siklus I meningkat menjadi 76,19% (tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi 90,48% (sangat tinggi). Hasil belajar ranah afektif pada siklus I memperoleh persentase 68,57% (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 90,59% (sangat baik). Hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh persentase 61,11% (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 75,79% (baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 3 Mayong Lor dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan media grafis dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Santoso, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Media Grafis, Hasil Belajar PKN
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:35
Last Modified: 04 Jan 2019 01:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9433

Actions (login required)

View Item View Item