PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS V SDN KAYEN 03 KAYEN PATI

ATIK, ERNI (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS V SDN KAYEN 03 KAYEN PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (636kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (327kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (576kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (265kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (224kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (140kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS dengan diterapkannya model Group Investigation berbantu media Crossword Puzzle untuk IPS kelas V SDN Kayen 03. Hasil belajar merupakan perubahan individu yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor, setelah siswa menyelesaikan program pembelajaran. Group Investigation merupakan suatu model pembelajaran yang lebih menekankan pada pilihan dan kontrol siswa dari pada menerapkan teknik-teknik pengajaran di ruang kelas. Model permainan Crossword Puzzle merupakan suatu media permainan yang menyenangkan cara mainya dengan cara mengisi sebuah kotak dengan huruf baik secara menurun maupun mendatar sehingga membentuk sebuah kata. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan model Group Investigation berbantu media Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SDN Kayen 03. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN Kayen 03 dengan subjek penelitian 33 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Group Investigation berbantu media permainan Crossword Puzzle. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kayen 03. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 68,8% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 87,9% (sangat baik). Hasil belajar kognitif prasiklus persentase ketuntasan 39,40% dengan rata-rata kelas 67,6 meningkat pada siklus I sebesar 63,6% (baik) dengan rata-rata 73 dan meningkat pada siklus II sebesar 91% (sangat baik) dengan rata-rata kelas 80. Hasil belajar afektif siklus I memperoleh persentase 70% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 83% (sangat baik). Hasil belajar psikomotorik siklus I memperoleh persentase 69,25% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 83,1% (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Group Investigation berbantu media crossword puzzle materi Proklamasi Kemerdekaan dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kayen 03 Kayen Pati.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Ika Oktavianti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Group Investigation (GI), Hasil Belajar Siswa, Media Crossword Puzzle
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:35
Last Modified: 04 Jan 2019 01:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9434

Actions (login required)

View Item View Item