PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA ULAR TANGGA PENGETAHUAN UNTUK SISWA KELAS V SD 6 HADIPOLO

MUHAMMAD ALI, NOR (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA ULAR TANGGA PENGETAHUAN UNTUK SISWA KELAS V SD 6 HADIPOLO. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (762kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (394kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (796kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (455kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (426kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (344kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (372kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dan aktivitas siswa serta keterampilan guru pada pembelajaran sifat-sifat bangun datar kelas V SD 6 Hadipolo dengan diterapkannya pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantuan Ular Tangga Pengetahuan pada siswa kelas V SD 6 Hadipolo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 6 Hadipolo dengan subjek penelitian 24 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantuan Ular Tangga Pengetahuan. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep matematika, aktivitas siswa dan keterampilan guru materi sifat-sifat bangun datar siswa kelas V SD 6 Hadipolo. Metode pengumpulan data yang digunkanan pada peneletian ini adalah wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman konsep pada prasiklus sebesar 21,05% dengan rata-rata 37,66 meningkat pada siklus I sebesar 68,2% dengan rata-rata 74,4 dan pada siklus II meningkat menjadi 90,5% dengan rata-rata 79,9. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 2,51 dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 2,53 dengan kriteria baik. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I mendapat skor rata-rata 3,00 dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 3,11 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantuan Ular Tangga Pengetahuan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa, aktivitas siswa dan keterampilan guru pada materi sisfat-sifat bangn datar. Untuk itu disarankan memakai pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantuan Ular Tangga Pengetahuan dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Henry Suryo Bintoro, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Ular Tangga Pengetahuan.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:29
Last Modified: 04 Jan 2019 01:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9441

Actions (login required)

View Item View Item