IMPLEMENTASI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SERTA KARAKTER SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BIRRUL WALIDAIN KUDUS

TATATAQWA TRISDIHAR, ASRI (2018) IMPLEMENTASI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SERTA KARAKTER SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BIRRUL WALIDAIN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (593kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (336kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (602kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (97kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran, meningkatkan hasil belajar PKn, menigkatkan karakter siswa pada kelas IV SD Muhammadiyah Birrul Walidain dengan menerapkan model think pair share berbantuan media permainan monopoli. Model pembelajaran think pair share merupakan model pembelajaran yang memungkinkan siswa bekerja sendiri dan bekerja dengan orang lain. Pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) terdiri dari tiga tahapan. Tahap 1: pemberian tugas dan pengerjaan secara individu, tahap 2: berdiskusi dengan pasangan, tahap 3: membagikan hasil diskusi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dikelas IV dengan subjek penelitian 22 siswa, penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model think pair share berbantuan media permainan monopoli sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn serta karakter rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan implementasi model think pair share berbantu media permainan monopoli dapat meningkatkan keterampilan guru pada siklus I ke siklus II dari persentase 73,43% (baik) menjadi 82,80% (sangat baik). Persentase ketuntasan hasil belajar meningkat pada siklus I ke siklus II yaitu dari 64% (sedang) menjadi 86% (sangat tinggi). Pada ranah afektif juga meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu 71,02% (baik) menjadi 80,01% (sangat baik). Pada ranah psikomotor meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu 70,45% (baik) menjadi 79,88% (baik). Karakter rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa meningkat pada siklus I ke siklus II yaitu 63,69% (cukup) menjadi 77,38% (baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus dapat disimpulkan bahwa model think pair share berbantu media permainan monopoli pada mata pelajaran PKn dapat meningkatakan keterampilan guru, hasil belajar siswa, dan karakter siswa. Peneliti menyarankan agar guru mampu menginovasikan model pembelajaran dengan menggunakan media agar siswa tidak mudah bosan mengikuti pembelajaran dan juga meningkatkan karakter siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Monopoli, Hasil Belajar PKn, Karakter Siswa.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:27
Last Modified: 04 Jan 2019 01:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9442

Actions (login required)

View Item View Item