PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) BERBANTUAN MEDIA BATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

LUKSIANA, ENI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) BERBANTUAN MEDIA BATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (767kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (878kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (267kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan seberapa besar peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan model CORE berbantuan media batik pada mata pelajaran Matematika, serta seberapa besar peningkatan keterampilan mengajar guru dan aktivitas siswa melalui model CORE berbantuan media batik. Peningkatan Pemecahan Masalah dapat dimunculkan terhadap siswa melalui model CORE berbantuan media batik dalam pembelajaran. CORE merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan kemampuan berpikir siswa untuk menghubungkan, mengorganisasikan, mendalami, mengelola, dan mengembangkan pengetahuan siswa mengenai informasi sebelumnya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model CORE berbantuan media batik dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Materi Segibanyak Beraturan dan Segibanyak Tidak Beraturan pada Kelas IV SD 2 Pasuruhan Lor Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Pasuruhan Lor Kudus dengan subjek penelitian 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis, sedangkan variabel bebasnya adalah model CORE berbantuan media batik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yang meliputi keterampilan mengajar guru antara siklus I yakni 78,84% (baik) menjadi 89,06% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas belajar siswa siklus I (69,47%) meningkat pada siklus II (79,28%). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa siklus I (46,67%) meningkat menjadi (86,67%) siklus II. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Pasuruhan Lor Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media batik dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematis pokok bahasan segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model CORE berbantuan media batik guru hendaknya memberi arahan agar siswa tetap terarah dalam melaksanakan aktivitas pembelajarannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, MM.,
Uncontrolled Keywords: Model CORE, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Media Batik, Keterampilan Mengajar Guru, Aktivitas Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:26
Last Modified: 04 Jan 2019 01:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9443

Actions (login required)

View Item View Item