PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 KUDUS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING

THORIQUL HUDA, MUHAMMAD (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 KUDUS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (149kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (602kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (647kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (129kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (123kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan peningkatan aktivitas belajar dan dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus, setelah diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwin, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus. Hasil belajar IPS merupakan hasil yang berupa kemampuan dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aspek kognitif berupa nilai hasil akademik siswa, aspek afektif berupa kaktifan siswa dalam kelas, aspek psikomotorik berupa kemampuan siswa dalam kerjasama. Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang mengarahkan perhatian siswa erhadap materi yang disampaikan pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus tahun ajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dikelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Snowball Throwing. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing meningkat disetiap siklus. Persentase keterampilan guru siklus I rata- rata klasikal yakni 68,50% kriteria baik dan meningkat pada siklus II rata-rata klasikal menjadi 87,50% kriteria sangat baik. Lalu persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I rata-rata klasikal yakni 69,15% kriteria baik dan meningkat pada siklus II rata-rata klasikal menjadi 82,55% kriteria baik. Sedangkan persentase hasil belajar siswa ranah afektif siklus I rata-rata klasikal yakni 62,35% kriteria cukup, kemudian meningkat pada siklus II rata-rata klasikal menjadi 85,15% kriteria sangat baik. Persentase hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I rata-rata klasikal yakni 65,30% kriteria baik, kemudian meningkat pada siklus II rata-rata klasikal menjadi 84,10% kriteria baik. Persentase ketuntasan hasil belajar aspek kognitif pada prasiklus yakni 68,20% kriteria baik, kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 70,20% kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 76,80% kriteria baik. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “Poklamasi Kemerdekaan Indonesia kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi “Proklamasi Kemerdekaan Indonesia” kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Hasil Belajar IPS, Keterampilan Mengajar Guru, Aktivitas Hasil Belajar Siswa, Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:23
Last Modified: 04 Jan 2019 01:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9444

Actions (login required)

View Item View Item