PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA PAPAN PECAHAN PADA MATERI PECAHAN SENILAI SISWA KELAS IV SD 1 KALIWUNGU KUDUS

NUR KHOLIDATUN NAFI’AH, PINGKY (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA PAPAN PECAHAN PADA MATERI PECAHAN SENILAI SISWA KELAS IV SD 1 KALIWUNGU KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (711kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (336kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (679kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (651kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (235kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (280kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media papan pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru. Pemahaman konsep adalah kemampuan untuk menangkap pengertian-pengertian dari suatu kejadian atau pengalaman yang ia alami. Model pembelajaran RME lebih berorientasi kepada aktivitas siswa, pembelajaran diawali dengan permasalahan nyata, sedangkan media papan pecahan adalah media yang digunakan guru untuk membantu pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran. Media berbentuk seperti papan yang dapat di bongkar pasang. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD 1 Kaliwungu Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang terdiri dua pertemuan di setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media papan pecahan. Sedangkan variabel terikatnya yaitu pemahaman konsep matematika, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep siswa meningkat, Rata-rata kelas prasiklus 52,33% , siklus I 68,25% , dan siklus II menjadi 75,51%. Kemudian keterampilan mengajar guru pun meningkat, siklus I nilai rata-rata 72,82%, meningkat pada siklus II menjadi 91,30% , dan aktivitas belajar siswa pun mengalami peningkatan, nilai rata-rata siklus I yaitu 71,81% kemudian siklus II menjadi 84.14%. Artinya pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Mathematic Realistic Education(RME) dapat meningkatakan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD 1 Kaliwungu Kudus. Saran bagi guru dan sekolahan, dapat menerapkan model pembelajaran RME berbantuan media papan pecahan pada pembelajaran lain yang tepat. Selain itu dapat diamati apakah ada hubungan model RME berbantuan media papan pecahan dengan kemampuan matematika lainnya. Adapun selain itu perlu disiapkan rancangan yang matang dalam persiapannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: : Media Papan Pecahan, Model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Pemahaman Konsep Matematika.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:23
Last Modified: 04 Jan 2019 01:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9446

Actions (login required)

View Item View Item