PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 1 WONOSOCO KUDUS

DEVI ARIANI, CINTIA (2018) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 1 WONOSOCO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (860kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (284kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (435kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (646kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (258kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (250kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (211kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn SDN 1 Wonosoco Kudus dengan menerapkan model Make a Match berbantuan media Poster. Model make a match merupakan suatu model pembelajaran yang didalamnya terdapat unsur permainan yang dapat memupuk kerja sama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu yang ada di tangan siswa, proses ini menuntut siswa untuk aktif mencari pasangan kartu yang merupakan kartu jawaban atau soal sebelum batas waktu habis. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada individu sebagai akibat dari kegiatan belajar yang menyangkutkan aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah meningkatnya keterampilan guru dan hasil belajar PKn melalui penerapan model make a match berbantuan media poster. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN 1 Wonosoco Kudus dengan subjek penelitian guru dan 20 siswa, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran make a match berbantuan media poster sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PKn. Instrumen penelitian ini yakni observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PKn melalui model make a match berbantuan media poster meningkat setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru siklus I rata-rata klasikal yakni 77,14% (baik), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 89,28% (sangat baik). Persentase hasil belajar afektif pada siklus I dengan persentase 74,45% (baik), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 82,7% (baik). Persentase hasil belajar psikomotorik pada siklus I dengan persentase 75,6% (baik), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86% (baik). Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada prasiklus yakni 60% (cukup), kemudian setelah dilaksanakan penelitian siklus I meningkat menjadi 80% (baik), dan meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 85% (baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V SDN 1 Wonosoco Kudus dapat disimpulkan bahwa model make a match berbantuan media poster pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar para guru menginovasikan model pembelajaran supaya siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dra. Sumarwiyah, M,Pd
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Media Poster, Hasil Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:22
Last Modified: 04 Jan 2019 01:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9449

Actions (login required)

View Item View Item