DHUROTUN NASHIKHAH, SITI (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA RODA PECAHAN MATERI PECAHAN KELAS V SD N BANYUURIP REMBANG. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (678kB) | Preview |
PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (660kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (214kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media roda pecahan (1)meningkatkan kemampuan komunikasi matematis, (2)meningkatkan keteramplan guru mengajar, dan (3)meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan pada siswa kelas V SD N Banyuurip Rembang. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N Banyuuripyang berjumlah 22 siswa 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan dan peneliti sebagai guru. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus yaitu terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini yaitu model Think-Pair-Share (TPS) sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, dan teknik non tes. Sedangkan teknik analisis data yaitu meliputi teknik analisis data kuantitatif dan teknik analissi data kualitatif Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai tes kemampuan komunikasi matematis pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dan berbeda yang cukup signifikan antara siklus I dan siklus II. Hasil nilai rata-rata klasikal pada siklus I yaitu 76 dan nilai rata-rata siklus II yaitu 82. Kemudian hasil observasi keterampilan mengajar guru melalui Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media roda pecahan juga mengalami peningkatan pada siklus I 80% (tinggi) menjadi 91% (sangat tinggi). Serta hasil observasi aktivitas belajr siswa pada mata pelajaran matematika mengalami peningkatan yaitu 74% (sedang) siklus I menjadi 80% (tinggi) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa melalui model Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media roda pecahan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis materi pecahan pada kelas V SD N Banyuurip Rembang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media roda pecahan dapat meningkatkan keterampilan guru mengajar, kemampuan komunikasi matematis, dan aktivitas belajar siswaSaran untuk penelitian ini guru dapat menerapkan model Think-Pair-Share (TPS) beserta media roda pecahan yang lebih inovatif, supaya siswa ketika pembelajaran dapat mengikuti dengan penuh semangat dan dapat mencapai tujuan yang sudah ditentukan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons |
Kata Kunci: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Think-Pair-Share (TPS), Media Roda Pecahan, Pecahan. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:22 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9450 |
Actions (login required)
View Item |