UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU

HIDAYAH, NOOR (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HAL.JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (709kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar ranah kognitif, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru melalui model pembelajaran Talking Stick dengan berbantuan media Flipchart di kelas IV SD 6 Hadipolo Kudus. Hasil belajar merupakan kemampuan seseorang yang diperoleh dengan adanya suatu usaha dari kegiatan belajar yang mencakup tiga aspek yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif. Talking Stick adalah model pembelajaran kelompok dimana dalam model pembelajaran tersebut menggunakan sebuah tongkat dengan panjang ukuran 20 cm dengan diiringi lagu, siswa yang terakhir memegang tongkat tersebut akan diberikan pertanyaan dari guru. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Flipchart dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif pada Tema Kayanya Negeriku pada siswa kelas IV SD 6 Hadipolo Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 6 Hadipolo Kudus dengan subjek penelitian 33 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Talking Stick dan media Flipchart, sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada hasil belajar ranah kognitif siswa tema kayanya negeriku siklus I dengan persentase ketuntasan belajar 71,78% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II 78,59% dengan kriteria baik. Selain itu, terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I 67,8% dengan kriteria baik menjadi 76,92% dengan kriteria baik. Keterampilan guru melalui penerapan model Talking Stick berbantuan media Flipchart siklus I dengan persentase klasikal 65,4% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II 77,38% dengan kriteria baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Flipchart dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru pada siswa kelas IV SD 6 Hadipolo. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dikelas IV SD 6 Hadipolo dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talking Stick berbantuan media Flipchart dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif tema kayanya negeriku. Penerapan model pembelajaran Talking Stick disarankan, guru harus mengarahkan siswa dalam menganalisa gambar pada media Flipchart sebagai bahan diskusi agar siswa dapat menemukan konsep secara mandiri

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Imaniar Purbasari, M.Pd
Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar Siswa, Flipchart
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:21
Last Modified: 04 Jan 2019 01:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9456

Actions (login required)

View Item View Item