MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TEMA KAYANYA NEGERIKU BERBANTU MEDIA GAMBAR SKETSA KELAS IV SD NGEMPLAK KIDUL 02

NUR SYAMSIYAH, FITRIYA (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TEMA KAYANYA NEGERIKU BERBANTU MEDIA GAMBAR SKETSA KELAS IV SD NGEMPLAK KIDUL 02. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (376kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (292kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (482kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (218kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (186kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (113kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan menerpakan model Teams Games Tournament (TGT) tema Kayanya Negeriku berbantu media gambar sketsa siswa kelas IV SD Ngemplak Kidul 02, (2) meningkatkan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model Teams Games Tournament (TGT) tema Kayanya Negeriku berbantu media gambar sketsa siswa kelas IV SD Ngemplak Kidul 02. Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) adalah salahh satu strategi pembelajaran kooperatif untuk membantu siswa mereview dan menguasai materi pelajaran yang melibatkan siswa ikut berperan aktif didalamnya. Gambar sketsa termasuk media visual yang merupakan gambar yang sederhana. Hasil belajar adalah nilai yang diperoleh selama siswa mengikuti proses pembelajaran dalam kurun waktu yang ditetapkan dan relatif menetap. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model PTK Kemmis dan M.C Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Adapun tahapan-tahapan PTK pada masing-masing siklus yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini akan dilasanakan di kelas IV SD Ngemplak Kidul 02 dengan subjek penelitian guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada tema Kayanya Negeriku berbantu media gambar sketsa siswa kelas IV SD Ngemplak Kidul 02 memperoleh hasil antara lain: (1) Hasil observasi keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh presentase sebesar 73,3% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentase 86,6%.(2) Hasil belajar siswa ranah pengetahuan siswa pada siklus I muatan IPS mencapai presentase 66,38% dan muatan IPA mencapai presentase 66,97% meningkat pada siklus II muatan IPS sebesar 72,26% dan muatan IPA sebesar 72,29%. (3) Hasil belajar siswa ranah keterampilan siswa pada siklus I muatan IPA memperoleh presentase 68,87% dan meningkat pada siklus II sebesar 73,16%, sedangkan muatan IPS pada siklus I memperoleh presentase 69,36% dan meningkat pada siklus II sebesar 76,71%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Ngemplak Kidul dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams games Tournament (TGT) berbantu media gambar sketsa dalam pembelajaran tematik tema Kayanya Negeriku dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru,dan hasil belajar siswa. Peneliti memberikan saran agar guru sebaiknya menginovasi model-model pembelajaran agar siswa lebih semangat dalam belajar, dan kepada pihak sekolah sebaiknya memberikan dukungan dan kesempatan kepada guru dengan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menguasai metode atau model pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran tematik dapat dilaksanakan dengan baik dan menimbulkan kesan yang menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Gambar Sketsa, Hasil Belajar Tematik Tema Kayanya Negeriku
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:21
Last Modified: 04 Jan 2019 01:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9457

Actions (login required)

View Item View Item