PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA WAYANG KREASI KELAS VB SD 1 TUMPANGKRASAK KUDUS

Nur Fauzi, Ahmad (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA WAYANG KREASI KELAS VB SD 1 TUMPANGKRASAK KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (657kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (337kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (896kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (518kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (334kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (310kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (420kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan ketermpilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam penggunaan model Mind Mapping berbantuan media wayang kreasi subtema perubahan lingkungan muatan Bahasa Indonesia, IPA, dan SBdP. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang terjadi pada seseorang yang meliputi banyak aspek-aspek yang dicapai. Mind Mapping merupakan model pembelajaran yang memungkinkan siswa mengidentifikasi dengan jelas dan kreatif dengan menggunakan peta konsep. Media wayang kreasi merupakan media pembelajran berbentuk wayang yang menonjolkan gambar, bentuk dan warna yang berisi informasi. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model mind mapping berbantuan media wayang kreasi dapat meningkatkan hasil belajar pada subtema perubahan lingkungan muatan Bahasa Indonesia, IPA, dan SBdP. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas V-B SD 1 Tumpangkrasak Kudus dengan subjek 20 siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Variabel bebas adalah model pembelajaran mind mapping dan media wayang kreasi. Variabel terikat adalah hasil belajar siswa kelas VB SD 1 Tumpangkrasak. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan keterampilan guru, aktivitastas siswa dan hasil belajar siswa pada subtema perubahan lingkungan. Keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor 73,75% (Baik), siklus II menjadi 82, 91% (Baik). Hasil aktivitastas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 70,05% (Cukup) , siklus II memperoleh skor 76, 57% (Baik). Hasil pengetahuan siswa muatan Bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh skor 75% (Baik), pada siklus II menjadi 85% (Baik). Pada muatan IPA pada siklus I memperoleh skor 75% (Baik), pada siklus II meperoleh skor 85% (Baik). Pada muatan SBdP pada siklus I memperoleh skor 85 (Baik), siklus II menjadi 90% (Sangat Baik). Pada hasil afektif siswa siklus I memperoleh skor 70,335 (Cukup), siklus II memperoleh skor 78,67% (Baik). Hasil psikomotor siswa pada siklus I meperoleh skor 69,51% (Cukup) , siklus II memperoleh skor 75,27% (Baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan model mind mapping berbantuan media wayang kreasi dapat meningkatkan hasil belajar pada subtema perubahan lingkungan siswa kelas VB SD 1 Tumpangkrasak Kudus. Guru sebaiknya menggunaka model mind mapping dan media wayang kreasi sebagai referensi dalam pembelajaran dan siswa diharapkan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: mind mapping, hasil belajar, subtema perubahan lingkungan,
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:19
Last Modified: 04 Jan 2019 01:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9460

Actions (login required)

View Item View Item