PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERMULYO 02 PATI

SARAH, YUNI (2018) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERMULYO 02 PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (506kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (305kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (496kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (256kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (194kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketrampilan guru, menggambarkan peningkatan peningkatan aktivitas belajar dan menemukan peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya model Numbered Head Togetherdi SD 2 Sumbermulyo Pati pada materi memberkan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungan. Hasil belajar siswa adalah proses perubahan perilaku yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang dilakukan secara sadar di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Model Numbered Head Together merupakan salah satu dari strategi pembelajaran kooperatif. Pada model ini siswa menempati posisi sangat dominan dalam proses pembelajaran dengan cirri khasnya adalah guru hanya menunjuk seorang siswa yang mewakili kelompoknya tanpa member tahu terlebih dahulu.. Hipotesis tindakan yang diajukan yakni penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar PKn dan keterampilan guru pada siswa kelas IV SD 2 Sumbermulyo Pati. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas IV SD 2 Sumbermulyo Pati dengan subjek penelitian penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas yakni model Numbered Head Together. Adapun variabel terikat adalah hasil belajar PKn siswa kelas IV SD 2 Sumbermulyo Pati. Instrumen penelitian ini adalah yakni wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.Tes uji validitasnya dengan menggunakan Expert Judgement. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kuantitatif dan Kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar PKn siswa pada materi memberikan contoh sederhana terhadap pengaruh globalisasi di lingkungannya. Pada ranah kognitif siklus I (70%) siklus II menjadi (75%), ranaha fektif siklus I (70,12%) menjadi (95,12%) padasiklus II, ranahpsikomotoriksiklus I (89,05%) menjadi (81,14%) pada siklus II. Peningkatan tersebut didukung keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I (71,55%), menjadi siklus II (78,01%) melalui model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Sumbermulyo 02 Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Sumbermulyo 02 Pati dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Sumbermulyo 02 Pati. Penelit imenyarankan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together agar dapat meningkatkan hasil belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model NHT Meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:19
Last Modified: 04 Jan 2019 01:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9462

Actions (login required)

View Item View Item