PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI GUWO 01

LIA NOVITA, ADIK (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI GUWO 01. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (955kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan keterampilan guru, mendiskripsikan peningkatan aktivitas siswa, dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Keputusan Bersama di kelas V SD Negeri Guwo 01 Pati. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada masalah yang ada dikehidupan nyata sehingga siswa dapat belajar untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah. Model pembelajaran ini diterapkan pada mata pelajaran PKn materi keputusan bersama di kelas V. Hasil belajar merupakan perubahan yang tejadi pada diri siswa dalam aspek kognitif, aspek afektif maupun aspek psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Guwo 01 Tlogowungu Pati dengan jumlah subjek 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Hasil setelah dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media ular tangga menunjukkan keterampilan guru meningkat dari 77% pada siklus I menjadi 86,7% pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 76,5% meningkat di siklus II menjadi 82%. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif juga terdapat peningkatan dari siklus I 75,75% meningkat di siklus II menjadi 80,25%. Ranah afektif meningkat dari siklus I ke siklus II dari 79% menjadi 82%. Ranah psikomotorik juga meningkat dari 79% di siklus I menjadi 84,5% pada siklus II. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SDNegeri Guwo 01 dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media ular tangga dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas siswa, hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada mata pelajaran PKn materi Keputusan Bersama di kelas VSDNegeri Guwo 01. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan dan menginovasikan model-model pembelajaran agar siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:19
Last Modified: 04 Jan 2019 01:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9463

Actions (login required)

View Item View Item