PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS V SDN LANGENHARJO 01 PATI TAHUN AJARAN 2017/2018

SUSANTI, DIAN (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS V SDN LANGENHARJO 01 PATI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (528kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (318kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (449kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (550kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (311kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (175kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (170kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V baik pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik dan keterampilan guru dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together.Numbered Head Together merupakan model pembelajaran yang mengacu pada belajar kelompok siswa, masing-masing anggota memiliki bagian tugas dengan nomor yang berbeda-beda. Hipotesis penelitian ini menggunakan model pembelajatan Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas V SDN Langenharjo 01 Pati yang dilihat dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Langenharjo 01 Pati pada kelas V, dengan subjek penelitian 26 siswa, terdiri dari 15 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang setiap siklusnya 2 kali pertemuan, setiap pertemuan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Numbered Head Together, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi bentuk-bentuk keputusan bersama. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan tes diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian siklus I pada ranah kognitif pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal siswa sebesar 8% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 38%. Hasil afektif siswa pada siklus I diperoleh persentase klasikal sebesar 62,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,43%. Dan pada ranah psikomotorik pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 55,06% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,21%. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, mencapai persentase sebesar 71% pada siklus I, dan meningkat pada siklus II menjadi 89,5%. Simpulan pada penelitian ini yakni dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi bentuk-bentuk keputusan bersama dengan baik. Dari ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa kelas V SDN Langenharjo 01 Pati. Maka dari itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together, guru menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajaran, dan pembelajaran lebih menyenagkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M Pd
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Head Together, Hasil Belajar PKn, Bentuk-bentuk Keputusan Bersama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:18
Last Modified: 04 Jan 2019 01:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9465

Actions (login required)

View Item View Item