PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN METODE EKSPERIMEN UNTUK PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI CAHAYA KELAS V SD 3 MEJOBO KUDUS

ZULAIKHO, ULYA HIMAWATI (2018) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN METODE EKSPERIMEN UNTUK PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI CAHAYA KELAS V SD 3 MEJOBO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover)
Download (432kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (307kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (560kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (558kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (381kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (59kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (393kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk penerapan model contextual teaching andlearning berbantuan metode eksperimen untuk peningkatan kreativitas siswa padamateri cahaya kelas V SD 3 Mejobo Kudus. Kreativitas siswa yakni menciptakan suatu karya, atau gagasan yang baru yang berdasarkan materi yang sedang dipelajari. Contextual Teaching AndLearning adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materiyang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan diterapkan dalam kehidupan sehari- hari. Eksperimen merupakan metode mengajar yang dalam pembahasan materinya melalui percobaan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini aalah kreativitas siswa dapat meningkat dalam penerapan model CTL berbantuan dengan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas V SD 3 Mejobo Kudus. Penelitian tindakan kelas ini sudah dilaksanakan di kelas V SDN 3 Mejobo dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus , setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model CTL berbantuan dengan metode eksperimen. Sedangkan variabel terikat adalah kreativitas siswa. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada siklus I dan siklus II. Keterampilan guru pada siklus I sebesar 84% kriteria baik meningkat menjadi 85% kriteria sangat baik pada siklus II. Kreativitas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 68,4% kriteria cukup meningkat menjadi 78% kriteria tinggi pada siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa kreativitas siswa dapat ditingkatkan melalui model CTL berbantuan dengan metode eskperimen dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas V SD 3 Mejobo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD 3 Mejobo dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL berbantuan dengan metode eskperimen dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas V SD 3 Mejobo Kudus. Peneliti berharap agar penerapan model CTL berbantuan dengan metode eskperimen dapat digunakan dan dikembangkan guna untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata-kata Kunci: Cahaya, CTL, Metode Eksperimen, Kreativitas Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 18 Oct 2018 01:47
Last Modified: 18 Oct 2018 01:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9468

Actions (login required)

View Item View Item