PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN

Manora, Elsa Novia (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. depan) - Accepted Version
Download (740kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (547kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (709kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (404kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (374kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (363kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran IPS materi perjuangan para tokoh memepertahankan kemerdekaan dengan menerapkan model pembelajaran Word Square. Model pembelajaran Word Square adalah jenis pembelajaran inovatif yang menggunakan kotak-kotak yang berupa teka-teki silang sebagai alat dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar IPS adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa baik berupa afektif, kognitif, psikomotor yang diperolehnya setelah mendapat atau menerima pengalaman belajar IPS. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar IPS dan ketrampilan guru dengan diterapkannya model pembelajaran Word Square materi perjuangan para tokoh mempertahankan kemerdekaan pada kelas V SD 5 Klaling dapat meningkat. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD 5 Klaling dengan subjek penelitian guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Word Square dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa pada materi perjuangan para tokoh mempertahankan kemerdekaan Indonesia yaitu pada ranah kognitif siklus I (65,90%) siklus II menjadi (76,1%), ranah afektif siklus I (72,5%) menjadi (85%) pada siklus II, ranah psikomotorik siklus I (68,09%) menjadi (83,20%) pada siklus II. Peningkatan tersebut didukung ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I (72%) siklus II menjadi (80,16%) melalui model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan para tokoh mempertahankan kemerdekaan kelas V SD 5 Klaling. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 5 Klaling dapat disimpulkan bahwa penggunaan model word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan paratokoh mempertahankan kemerdekaankelas V. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran word square adalah dnegan meningkatkan ketrampilan guru dan aktivitas siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Ika Oktavianti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata-kata Kunci :Word Square, hasil belajar IPS, Perjuangan Para Tokoh Mempertahankan Kemerdekaan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 18 Oct 2018 02:32
Last Modified: 18 Oct 2018 02:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9470

Actions (login required)

View Item View Item