HIDAYATUL LAILI, NUR (2018) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA PADA SISWA KELAS V SD 9 GONDOSARI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Download (440kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (923kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BBA VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (121kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Peneliitian inii bertujuan meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Keputusan Bersama dengan cara menerapkan model pembelajaran Mind Mapping. Model Mind Mapping merupakan model pembelajaran yang menggunakan pengingat-pengingatvisual dan sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yangberkaitan, seperti peta jalan yang digunakan untuk belajar,mengorganisasikan, dan merencanakan sehingga dapat membangkitkan ideide orisinal dan memicu ingatan yang mudah. Siswa dalam model ini dituntut untuk aktif memecahkan suatu masalah dengan bantuan media bagan.. Peneliitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas V SD 9 Gondosari dengan subjek penelitian 21 siswaa, penlitian ini berlangsung selama dua sikllus, setiap siiklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Variiabel bebas dalam penlitian ini adalah modell pembelajaran Mind Mapping sedangkan variabel teriikat adalah hasil belajar siiswa kelas V mata pelajaran PKn. Tekniik pengumpulan data menggunakan tekniik wawancara, observasii, tes, dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari tiindakan dinialisis secara kuantiitatif dan kualitatiif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siiklus I ke siiklus II dari persentase 80,17% menjadi 84,91%. Aktivitas siswa pada siiklus I ke sikllus II meningkat dari persentase 71,81% menjadi 80,73%, hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada sikllus I ke siklus II yaitu dari 70,47% menjadi 74,76%.Pada ranah afektif juga meniingkat diilihat dari siiklus I ke sikllus II yaitu dari 61,02%menjadi 81,13%, ranah psikomotorik juga meningkat dilihat dari peningkatan pada sikllus I ke siiklus II yaitu dari 54,09%menjadi 80,55%. Berdasarkann hasil penelitian tindakan kelas yang diilakukan pada kelas V SD 9 Gondosari dapat diisimpulkan bahwa melalui penerapan modell pembelajaran Mind Mapping dapat meniingkatkan keterampilan guru, aktivitas siiswa dan hasil belajar siswa pada ranah kognitf, afektif, psikomotorik pada pelajaran PKn matri keputusan bersama kellas V SD 9 Gondosari. Saran dlam penelitian ini,guru hendaknya menggunakan modell pemblajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar tdak mudah bosan dalm mengkuti pemblajaran khususnya mata pelajaran PKn.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Mind Mapping, Materi Keputusan Bersama |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:18 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:18 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9471 |
Actions (login required)
View Item |