PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI EKSPERIMEN SEDERHANA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PELAJARAN IPA KELAS V SD N 3 JOJO MEJOBO KUDUS

AYUDIA OCTARIA, FRISCA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI EKSPERIMEN SEDERHANA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PELAJARAN IPA KELAS V SD N 3 JOJO MEJOBO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (258kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (782kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (531kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (296kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (124kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (231kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru dengan penerapanmodel pembelajaran PBL melalui eksperimen sederhana pada pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya kelas V SD N 3 Jojo Mejobo. Berpikir kreatif merupakan suatu bentuk pemikiran, yang menggunakan dasar pengembangan dan penemuan ide yang asli, estetis dan konstruktif yang menekankan pada berpikir kreatif untuk memunculkan prespektif atau pandangan asli pemikir. PBL merupakan suatu model pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran siswa pada suatu permasalahan sehingga siswa dapat menggali kemampuan mereka sendiri selain itu keterampilan siswa juga dapat berkembang dan menumbuhkan sifat mandiri percaya pada diri sendiri. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran PBL melalui eksperimen sederhana dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, aktivitas siswa, dan kemampuan mengajar guru, pada mata pelajaran IPA kelas V SD 3 Jojo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD N 3 Jojo dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleks. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif siswa, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran PBL dan eksperimen sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes dan dokumetasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisi data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I sebesar 63% dengan kriteria sedang. Kemudian meningkat padaa siklus II sebesar 75% dengan kriteria baik. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus 1 sebesar 67,43% dalam kriteria baik kemudian meningkat pada siklus II sebesar 79,88% dalam kriteria baik. Keterampilan mengajar guru juga meningkat, pada siklus I sebesar 70,30 dalam kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 76,81% dengan kriteria baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru menggunakan model pembelajara PBL melalui ekperimen sederhana pada kelas V SD 3 Jojo. Berdasarkan hasil Penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di SD N 3 Jojo dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dapat meningkat saat menggunakan model pembelajanPBL melalui ekperimen sederhana pada kelas V SD N 3 Jojo. Peneliti menyarankan agar dalam menerapkan model PBL melalui eksperimen sederhana, guru harus lebih meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran melalui tanya jawab yang dilakukan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan berpikir kreatif, Eksperimen sederhana
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:18
Last Modified: 04 Jan 2019 01:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9473

Actions (login required)

View Item View Item