PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPS DAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD 2 GRIBIG KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS

Dwi Novitasari, Indah (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPS DAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD 2 GRIBIG KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (457kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (228kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (322kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (569kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (260kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (192kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Peneliti ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan model pembelajaran Numbered Head dapatmeningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran tema Daerah tempat tinggalku kelas IV SD 2 Gribig, (2) dapat mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia bagi siswa kelas IV SD 2 Gribig. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model PTK Kemmis dan M. C Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Adapun tahap-tahap PTK pada masing-masing siklus yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas IV SD 2 Gribig dengan subjek penelitian guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Metode penggumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dana kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan guru, dan hasil belajar IPS dan Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model Numbered Head Together mengalami peningkatan dari 69,92% (Cukup) pada siklus I dan meningkat pada siklus II 86,23% (Baik Sekali). Hasil belajar siswa pada pengetahuan meningkat dengan persentase ketuntasan prasiklus pada mata pelajaran IPS dengan rata-rata 23,80% (Rendah). Pada siklus I meningkat menjadi 66,67% (Tinggi) dan pada siklus II meningkat menjadi 90,48% (Sangat Tinggi). Persentase ketuntasan prasiklus pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pesentase rata-rata ketuntasan prasiklus 4,80% (Sangat Rendah). Pada siklus I meningkat menjadi 66,67% (Tinggi) dan pada siklus II meningkat menjadi 80,95% (Sangat Tinggi). Hasil belajar keterampilan siswa pada mata pelajaran IPS siklus I dengan persentase 64,08% (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 78,04% (Baik). Persentase ketuntasan keterampilan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan persentase rata-rata ketuntasan siklus I dengan presentase 63,62% (Cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,08% (Baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 2 Gribig dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Numbered Head Together materi kegiatan ekonomi, jenis-jenis pekerjaan, dan tokoh cerita fiksi dapat meningkatkan keterampilan guru mengelolah pembelajaran, hasil belajar pengetahuan, dan hasil belajar keterampilan siswa pada mata pelajaran IPS dan Bahasa Indonesia. Saran dalam penelitian ini, siswa sebaiknya lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Bagi guru hendaknya menggunakan pembelajaran yang lebih inovatif yang sesuai dengan karakteristik siswa dan dapat merangsang siswa agar mau belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Head Together, Hasil Belajar IPS dan Bahasa Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:17
Last Modified: 04 Jan 2019 01:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9475

Actions (login required)

View Item View Item