MEGAWATI, MEGAWATI (2018) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNINGTIPEGROUP INVESTIGATION UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEMESTER II MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA SDN KAYEN 01 PATI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (433kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (171kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan (1) implementasi model cooperative learning tipe Group Investigation berbantuan game question card pada pelajaran IPS, (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan dengan implementasi model cooperative learning tipe Group Investigation berbantuan media game question card pada pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan kelas V Di SDN Kayen 01 Pati. Model Group Investigation merupakansalah satu metode kompleks dalam pembelajaran kelompok yang mengharuskan siswa untuk menggunakan skill berpikir level tinggi. Pada prasiklus hasil belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia rendah, ada 9 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM dari 23 siswa di kelas V SDN Kayen 01 Pati. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah game question card. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini (1) Implementasi model Cooperative Learning tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 01 Kayen Pati, (2) Implementasi model Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru kelas V SDN Kayen 01 Pati. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan dari hasil prasiklus (60%), hasil siklus I (65%) dan hasil siklus II (100%), didukung dengan peningkatan aspek afektif siswa dari persentase siklus I 61% menjadi 100% di siklus II dan peningkatan psikomotorik siswa dari persentase siklus I 69% menjadi 100%. Simpulan dalam penelitian ini Implementasi model Cooperative Learning Tipe Group Investigationdapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa dan dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru di SDNKayen 01 Pati Tahun Ajaran 2017/2018. Selanjutnya, peneliti memberikan saran kepada siswa untuk bersungguh-sungguh dalam kegiatan pembelajaran dan berlatih untuk menggali nilai-nilai yang terkandung dalam materi IPS agar dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi guru model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation dapat dijadikan refensi dalam pembelajaran, khususnya IPS. Bagi sekolah hendaknya menyediakan media pembelajaran yang lebih variatif untuk menunjang proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Cooperative Learning tipe Group Investigation, Hasil Belajar, IPS |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:17 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9476 |
Actions (login required)
View Item |