MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SD 06 BULUNGKULON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL

SA’ADAH, MELI (2018) MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SD 06 BULUNGKULON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (231kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (484kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (689kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (151kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (95kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (111kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas V SD 06 Bulungkulon pada tema 9benda-benda di sekitar kita dan mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran creative problem solving berbantuan media audio visual. Sikap ilmiah merupakan sikap yang ditunjukkan oleh seseorang untuk memecahkan masalah dalam berbagai kegiatan ilmiah. Creative problem solving merupakanmodel pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah secara kreatif. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran creative problem solving berbantuan media audio visual dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas V SD 06 Bulungkulon pada tema 9 benda-benda di sekitar kita. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 06 Bulungkulon dengan subjek penelitian 38 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perenanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran creative problem solving. Sedangkan variabel terikat adalah sikap ilmiah siswa. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan sikap ilmiah siwa kelas V SD 06 Bulungkulon pada tema 9 benda-benda di sekitar kita subtema 1 dan subtema 2 yang cukup signifikan antara siklus I 62% dengan kriteria tinggi dan siklus II 79,2% dengan kriteria tinggi. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving berbantuan media audio visual juga mengalami peningkatan pada siklus I 72% dengan kriteria baik dan siklus II 83% dengan kritera sangat baik. Hal tersebut membuktikan bahwa sikap ilmiah siswa kelas V SD 06 Bulungkulon dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving berbantuan media audio visual dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas V SD 06 Bulungkulon dapat disimpulkan bahwa model pembelaaran creative problem solving berbantuan media audio visual dapat meningkakan sikap ilmiah siswa kelas V SD 06 Bulungkulon pada tema 9 benda-benda disekitar kita subtema 1 dan subtema 2. Maka dari itu, disarankan dalam menerapkan model pembelajaran creative problem solving, guru harus memberi pertanyaan dan gambaran kepada siswa sehingga siswa mampu memecahkan masalah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Khamdun, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving, Sikap Ilmiah, Media Audio Visual
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:16
Last Modified: 04 Jan 2019 01:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9479

Actions (login required)

View Item View Item