PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS V SD 4 DERSALAM KUDUS

FAJAR IBADULLAH, RICKY (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS V SD 4 DERSALAM KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (467kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (207kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (283kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (591kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (147kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (109kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (42kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan ketrampilan gurupada mata pelajaran PKnmateri Menyebutkan Contoh Organisasi Dilingkungan Sekolah Dan Masyarakat kelas V SD 4 Dersalam Kudus, (3) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKnmateri Menyebutkan Contoh Organisasi Dilingkungan Sekolah Dan Masyarakat Kelas V SD 4 Dersalam Kudus. Keterampilan mengajar dengan melibatkan aktivitas secara langsung dapat membuat pembelajaran menjadi lebih berarti bagi siswa. Aktivitas siswa dalam belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil belajar merupakan perubahan yang dicapai siswa setelah melalui proses pembelajaran. Pemilihan model Example Non Example dalam penelitian ini dirasa tepat karena mempunyai karakteristik dapat meningkatkan aktivitas siswa. Peningkatan aktivitas dapat membuat pembelajaran bermakna sehingga hasil belajar siswa meningkat. Hasil penelitian in menunjukkan pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Example Non Example meningkat pada setiap siklus. Presentase keterampilan guru siklus I menunjukkan pengelolaan pembelajaran guru mendapatkan presentase rata-rata yaitu 71,5% dengan kriteria baik. Sedangkan pada siklus II meningkat mencapai presentase 87,5% dengan kriteria sangat baik. Presentase hasil belajar pada ranah kognitif pada prasiklus 64,03, kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 67,88 dan meningkat pada siklus II menjadi 76,53. Kemudian pada hasil belajar ranah afektif pada siklus I rata-rata yakni 68,65% dengan kriteria sedang, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85,87% dengan kriteria sangat baik. Presentase hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I rata-rata presentase 66,41, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85,47% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD 4 Dersalam Ku8dus dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Example Non Example dalam mata pelajaran PKn keterampilan guru, dan hasil belajar siswa meningkat. Peneliti juga memberikan saran kepada guru agar sebaiknya dalam pembelajaran menggunakan model-model pembelajaran agar siswa lebih semangat dalam belajar, dan kepada pihak sekolah agar sebaiknya memberikan dukungan dan memberikan kesempatan kepada guru untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menguasai metode atau model pembelajaran, sehingga mata pelajaran PKn dapat dilaksanakan dengan baik dan menyenangkan

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, PKn,Example Non Example.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:16
Last Modified: 04 Jan 2019 01:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9480

Actions (login required)

View Item View Item