MUSTIKA SARI, NOVA (2018) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MUATAN IPS DAN BAHASA INDONESIA. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (481kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (100kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia dengan diterapkannya model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media puzzle. Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek pengetahuan dan keterampilan. Hasil belajar dapat ditingkatkan menggunakan model dan media pembelajaran salah satunya adalah model Numbered Head Together (NHT) dan media puzzle. Model Numbered Head Together (NHT) merupakan suatu model dimana siswa dihadapkan pada empat tahapan, yaitu fase penomoran, pemberian tugas, berpikir bersama dan menjawab. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak dengan subyek 20 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media puzzle, sedangkan variabel terikat adalah keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media puzzle dalam proses pembelajaran IPS dan Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari persentase keterampilan mengajar guru pada siklus I (79%) dan meningkat pada siklus II (91%). Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa aspek pengetahuan muatan IPS pada siklus I (65%) (75) meningkat pada siklus II dengan ketuntasan klasikal (85%) (82,75), muatan Bahasa Indonesia ketuntasan klasikal pada siklus I (60%) (75,5) meningkat pada siklus II (90%) (82,5). Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa aspek keterampilan muatan IPS pada siklus I (70%) dengan rata-rata klasikal (74,95) meningkat pada siklus II (90%) (83,6), muatan Bahasa Indonesia ketuntasan klasikal pada siklus I (65%) (74,45) meningkat pada siklus II (90%) (81,7). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Numbered Head Together (NHT), Puzzle, dan Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:16 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:16 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9483 |
Actions (login required)
View Item |