PENERAPAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALYUNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV B SD 1 MAYONG LOR

FITRIA, RIKA (2018) PENERAPAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALYUNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV B SD 1 MAYONG LOR. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul)
Download (585kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (310kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (581kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (558kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (320kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (266kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (377kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan modelSomatic, Auditory, Visualization, Intellectualy untuk meningkatkan berpikir kritis siswa berbantuan media Audio Visual tema Daerah Tempat Tinggalku kelas IV B SD 1 Mayong Lor. Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy merupakan model pembelajaran yang melibatkan semua panca indera untuk aktif. Berpikir kritis adalah kemampuan untuk mengatakan sesuatu dengan percaya diri. Audio visual merupakan media sederhana yang dikombinasi audio dan visual dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan untuk mendukung proses pembelajaran nantinya. Adapun hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah dengan diterapkannya model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy dapat meningkatkan berpikir kritis siswa dan keterampilan mengajar guru.Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy untuk meningkatkan berpikir kritis siswa berbantuan media Audio Visual tema Daerah Tempat Tinggalku kelas IV B SD 1 Mayong Lor. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV B SD 1 Mayong Lor dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan. Tahapan pada penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy dan mediaAudio Visual, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah berpikir kritis. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan berpikir kritis siswaaspekpengetahuan dari siklus I sebesar 66,67% menjadi 77,78% pada siklus II. Hasil berpikir kritis siswaaspeksikap meningkat dari siklus I sebesar 68,89% dengan kualifikasi baik menjadi 76,66% dengan kualifikasi baik pada siklus II. Hasil berpikir kritisaspek keterampilan meningkat dari siklus I sebesar 69,03% dengan kualifikasi baik menjadi 79% dengan kualifikasi baik pada siklus II. Keterampilan mengajar guru meningkat dari siklus I sebesar 75,35% dengan kualifikasi baik menjadi 86% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV B SD 1Mayong Lor dapat disimpulkan bahwa penerapan model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan berpikir kritis tema daerah tempat tinggalku kelas IV B SD 1 Mayong Lor. Peneliti menyarankan agar dalam menerapkan model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy guru harus memberikan bimbingan pada semua kelompok dan menggunakan media yang menarik dan sesuai dengan materi agar dapat meningkatkan berpikir kritis siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy, Media Audio Visual, Berpikir kritis.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:15
Last Modified: 04 Jan 2019 01:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9484

Actions (login required)

View Item View Item