PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD 1 PIJI KUDUS

NOFITA ANJANI, DIAN (2018) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD 1 PIJI KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (573kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (239kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (400kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (492kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (660kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (270kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (145kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (223kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas siswa dan peningkatan berpikir kritis siswa kelas V SD 1 Piji Kudus dengan penerapan model Think Pair Share berbasis lingkungan pada materi sifat-sifat cahaya. Berpikir kritis merupakan suatu pemikiran mengenai hal yang memungkinkan siswa merumuskan, mengevaluasi, memutuskan apa yang diyakini untuk dilakukan. Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif yang memberikan waktu berpikir, merespon, dan saling membantu yang dilakukan secara berpasangan. Berbasis lingkungan adalah media yang memanfaatkan benda-benda yang terdapat disekitar lingkungan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Think Pair Share berbasis lingkungan pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SD 1 Piji Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Piji dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share berbasis lingkungan. Sedangkan variabel terikat adalah berpikir kritis siswa. Metode Pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan berpikir kritis siswa ranah kognitif dalam pembelajaran IPA. Keterampilan guru pada siklus I 71,76% (baik) dan siklus II 87,51% (sangat baik). Aktivitas siswa ranah afektif pada siklus I 69,20% (baik) meningkat menjadi 81,22% (baik) pada siklus II. Aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus I 69,48% (baik) meningkat menjadi 81,62% (sangat baik). Berpikir kritis siswa ranah kognitif pada prasiklus 43,50% (sedang) menjadi 52,17% (sedang) pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 86,96% (sangat tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share berbasis lingkungan dikatakan berhasil dan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan berpikir kritis siswa ranah kognitif pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SD 1 Piji Kudus. Saran yang diberikan kepada siswa agar aktif dalam pembelajaran, guru lebih mengoptimalkan perannya sebagai fasilitator, motivator dan pengelolaan kelas agar pembelajaran berjalan dengan optimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunuddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share,Berbasis Lingkungan, Berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:15
Last Modified: 04 Jan 2019 01:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9485

Actions (login required)

View Item View Item