AGUNG PRANATA, VERRY (2018) PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN PRAWOTO 01 PATI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (817kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (131kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa, Materi yang diajarkan dalam penelitian ini adalah materi menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan melalui model pembelajaran Course Review Horay. Aktivitas belajar siswa merupakan segala sesuatu perbuatan yang dapat berupa fisik, emosi, maupun pikiran yang dilakukan khususnya siswa saat mengikuti proses pembelajaran. Model Course Review Horay adalah model pembelajaran yang menuntut siswa untuk berkelompok guna menjawab soal-soal di dalam kartu atau kotak, dan siswa atau kelompok yang menjawab benar harus berteriak “hore” atau menyanyikan yel-yel kelompok yang disepakati. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Prawoto 01 Pati yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, yang tiap-tiap siklusnya memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik pengumpulan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan meliputi keterampilan mengajar guru antara siklus I 79,76% (baik) pada siklus II menjadi 83,33% (sangat baik). Aktivitas belajar siswa siklus I 70,28% (baik) meningkat pada siklus II menjadi 78,69 (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada kelas V SDN Prawoto 01 Pati dapat disimpulkan melalui penerapan Model Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pokok bahasan menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Untuk itu disarankan dalam penerapan model Course Review Horay guru harus memberi bimbingan supaya siswa tetap kondusif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Santoso, M.Pd |
Kata Kunci: | Course Review Horay, aktivitas belajar siswa, menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:14 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 01:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9488 |
Actions (login required)
View Item |