PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN PRAWOTO 01 PATI

AGUNG PRANATA, VERRY (2018) PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN PRAWOTO 01 PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (817kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (205kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (297kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (538kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (152kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (131kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa, Materi yang diajarkan dalam penelitian ini adalah materi menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan melalui model pembelajaran Course Review Horay. Aktivitas belajar siswa merupakan segala sesuatu perbuatan yang dapat berupa fisik, emosi, maupun pikiran yang dilakukan khususnya siswa saat mengikuti proses pembelajaran. Model Course Review Horay adalah model pembelajaran yang menuntut siswa untuk berkelompok guna menjawab soal-soal di dalam kartu atau kotak, dan siswa atau kelompok yang menjawab benar harus berteriak “hore” atau menyanyikan yel-yel kelompok yang disepakati. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Prawoto 01 Pati yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, yang tiap-tiap siklusnya memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik pengumpulan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan meliputi keterampilan mengajar guru antara siklus I 79,76% (baik) pada siklus II menjadi 83,33% (sangat baik). Aktivitas belajar siswa siklus I 70,28% (baik) meningkat pada siklus II menjadi 78,69 (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada kelas V SDN Prawoto 01 Pati dapat disimpulkan melalui penerapan Model Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pokok bahasan menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Untuk itu disarankan dalam penerapan model Course Review Horay guru harus memberi bimbingan supaya siswa tetap kondusif dalam proses pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Santoso, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, aktivitas belajar siswa, menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:14
Last Modified: 04 Jan 2019 01:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9488

Actions (login required)

View Item View Item