PENERAPAN MODEL STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS) BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD N2 BULUNG KULON

NUR ALFIAH, YUSRINA (2018) PENERAPAN MODEL STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS) BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD N2 BULUNG KULON. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (328kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (457kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (263kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (204kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan keterampilan mengajar guru dan menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD N 2 Bulung Kulon dengan diterapkannya model STAD(Students Teams Achievment Divisions) berbantuan media teka-teki silangdalam pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi. Hasil belajar merupakan suatu kemampuan atau tingkat keberhasilan yang dilakukan oleh peserta didik sebagai keberhasilan siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar yang diukur melalui tes. Model STAD (Students Teams Achievment Divisions) merupakan model pembelajaran kooperatif yang memberikan siswa untuk kerja sama, interaksi, dan aktif dalam memecahkan suatu persoalan yang berbentuk belajar kelompok secara beragam. Media Teka-Teki Silang adalah suatu permainan dimana cara mainnya dengan mengisi sebuah kotak dengan huruf-huruf baik secara mendatar dan menutur sehingga membentuk sebuah kata/jawaban yang sesuai dengan pertanyaan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N 2 Bulung Kulon dengan diterapkannya model STAD (Students Teams Achievment Divisions) berbantuan media Teka-Teki Silangdalam pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD N 2 Bulung Kulon Jekulo dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model STAD (Students Teams Achievment Divisions) berbantu media Teka-Teki Silang. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, soal tes evaluasi hasil belajar siswa, dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS siswa. Peningkatan keterampilan mengajar guru siklus I sebesar 71,88% dan siklus II sebesar 88,75%. Sedangkan peningkatan hasil belajar IPS terdiri dari tiga ranah, ranah kognitif siklus I sebesar 72,22% dan siklus II sebesar 88,89%, ranah afektif siklus I sebesar 68% dan siklus II sebesar 88%, dan ranah psikomotorik siswa siklus I sebesar 71% dan siklus II sebesar 86,5%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model STAD (Students Teams Avhievment Divisions) berbantuan media Teka-Teki Silang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 2 Bulung Kulon. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas IV SD N 2 Bulung Kulon, dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD (Students Teams Achievment Divisions) berbantuan media Teka-Teki Silang dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N 2 Bulung Kulon.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: STAD, Teka-Teki Silang, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 01:14
Last Modified: 04 Jan 2019 01:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9491

Actions (login required)

View Item View Item